Daftar Tugas Sekolah

Sebagai siswi SMK jurusan Multimedia yang mempelajari gimana cara menerapkan seni di media digital, tugas-tugas saya nggak pernah berhenti membebani dan saya juga nggak pernah berhenti menikmatinya (dan mengeluhkannya juga :D). Saya udah satu setengah tahun sekolah di jurusan Multimedia ini, mungkin kalo di tingkat perguruan tinggi lebih umum dikenal dengan jurusan Desain Komunikasi Visual. Tapi silabusnya ya mirip-mirip, belajar desain grafis, bikin animasi, edit video, dan banyaaaak lagi.

Lu enak Prit, jurusan Multimedia itu kan tugasnya kayak main-main.

-Teman jurusan Akuntansi

Kayak main-main, mungkin ya, karena tugas-tugas ini membolehkan kita untuk berekspresi sebabas mungkin, meskipun tetap kami punya beban deadline, dana kalau tugas yang kami buat jelek, kami harus remedial. Tenggat tugas biasanya 2-3 minggu (tergantung tingkat kesulitan tugas juga sih) dan remedialnya itu seringkali kurang dari seminggu. Banyak teman yang sering begadang demi tugas karena katanya tugas-tugas anak Multimedia ini butuh eksplorasi ide, dan ide sering dateng malam-malam, seperti kuntilanak dan pocong.

Dan inilah daftar tugas-tugas saya :

smt 1

Kelas 1 Semester 1

Manipulasi foto (Photoshop)
Buat kartu lebaran (Photoshop)

Poster ukuran A3, bebas (Photoshop)
Logo perusahaan (CorelDraw)
Poster SEA Games 2011 (Photoshop)
Desain kaos (Photoshop)
Siluet (Photoshop)

smt 2

Kelas 1 Semester 2

 Vektorisasi (tracing) foto (Illustrator)
Merchandise toko ban (Illustrator + InDesign)
Majalah musik (Illustrator + Photoshop + InDesign)
Karakter (Illustrator)
Buku bergambar (Illustrator + InDesign)
Video klip (Premiere)

Kemasan (Illustrator)
Poster A3 (Illustrator)

smt 3

Kelas 2 Semester 1

(masa PKL, jadi tugasnya sedikit)
Melukis digital (Photoshop)
Textmotion (Photoshop + Illustrator + Audition + Flash)

smt 4

Kelas 2 Semester 2

Motion graphic (Photoshop + Illustrator + Audition + Flash)
Stop motion (Audition + Flash)
Karakter (Illustrator)

Animasi kelompok
Video Iklan 

smt 5

Kelas 3 Semester 1

Desain interior + eksterior rumah (3Ds Max )
Video dari proyek desain rumah sebelumnya (Flash + Premiere)
Purwarupa alat transportas/robot 3D + animasi (3Ds Max + Premiere)

smt 6

Kelas 3 Semester 2

Uji Kompetensi Keahlian (NYARIS SEMUA SOFTWARE)

 

Ada beberapa tugas yang alpa saya tulis karena lupa. Tapi tidak banyak, kurang dari selusin lah.

Saya juga pernah menulis rangkuman pendek tentang tiga tahun di Multimedia.

Untuk melihat galeri tugas selama SMK, bisa di sini:

Image Map

Image Map

7 thoughts on “Daftar Tugas Sekolah

  1. Banyak amat … Kakak hebat, menguasai semua software graphics, memang bisa dibilang jurusan Multimedia itu enak. Terutama bagi pecinta komputer & desain graphics, kayak aku ^^. Tapi, aku cuma bisa photoshop, photoscape, imageReady, dan kalau CorelDraw … susah amat, suka nggak sabar bikin pake CorelDraw. Apalagi aku amatir … XD

    1. Hehe… karena di sekolah aku emang diajarinnya begitu 😀

      Kamu kalo belajar terus juga bisa, kompetensi di bidang kayak gini gampang kok otodidaknya *tapi aku sendiri gak bisa otodidak*

      1. Iya, aku sih, otodidak, Kak. Kalau sama abi (ayahku) bisanya CorelDraw, kalau pengolah gambar seperti photoshop enggak terlalu menonjol, jadi belajarnya sendiri pake buku tutorial … ^^

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s