Dari Saya · Opini · Tulisan

Limpahan Inspirasi dari Jalanan

    Tempat publik adalah gudang inspirasi. Banyak banget hal baru yang sebelumnya belum pernah kita liat atau kita tau atau hal nggak kita sangka bahwa hal itu ada. Dan hal-hal seperti itu, ngedapetinnya nggak perlu repot-repot meluangkan waktu untuk ke tempat publik macem mall, toko buku, tempat makan, museum, taman kota, dan lainnya. Secara… Continue reading Limpahan Inspirasi dari Jalanan

Dari Saya · Opini · Tulisan

Ngeblog, Menitik pada Statistik?

Statistik blog turun, nih. Nggak turun tajam, tapi ya, persentasenya tidak bisa dibilang kecil. Sebagai narablog yang memantau statistik, hal kayak gini agak mengganggu buat saya. Apakah saya perlu siaga, jaga-jaga agar nggak turun makin drastis? Kenapa statistik turun? Tentu saja karena makin sedikit yang berkunjung. Dan kenapa itu? Karena saya jarang muncul di reader… Continue reading Ngeblog, Menitik pada Statistik?

Dari Saya · Opini · Tulisan

MOS (Masa Orientasi Siswa) Dilarang: Pro, Kontra, dan Evaluasinya

Pada 27 Mei lalu, diresmikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 18 tahun 2016 mengenai pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang berlaku mulai tahun ajaran 2016/2017 ini, atau lebih akrab dikenal dengan masa orientasi siswa (MOS atau MOPDB). Salah satu poin di Permen ini adalah dilarangnya masa orientasi siswa/peserta didik baru yang penyelenggaranya… Continue reading MOS (Masa Orientasi Siswa) Dilarang: Pro, Kontra, dan Evaluasinya

Dari Saya · Opini · Tulisan

Foto Berpetak, Apa Maksudnya?

Pengen bikin collage foto biar ala-ala anak gaul, tapi gua nggak suka memotret dan dipotret. Dan swafoto–atau selfie–kan gabungan dari keduanya. Alih-alih, gua gambar saja di Illustator. Meski sebenarnya, gua masih nggak ngerti maksud rangkaian foto-foto dengan gaya yang mirip kayak gitu. Gua nggak tau istilahnya apa, tapi beberapa orang menyebut rangkaian foto berpetak ini… Continue reading Foto Berpetak, Apa Maksudnya?

Dari Saya · Harian · Opini · Tulisan

Pendidikan, dari Siapa?

Salah satu beda manusia dan binatang adalah perolehan akan pendidikan. Manusia mengenal konsep pendidikan dalam hidupnya, yang tidak dikenal binatang. Dan kini, semakin disadari bahwa pendidikan merupakan pilar utama pembangunan. Pembangunan diri, pembangunan kota, pembangunan negara, pembangunan ilmu pengetahuan, pembangunan peradaban, semuanya disokong oleh pendidikan. Pendidikan yang baik menelurkan pembangunan yang hebat. Dan di Indonesia,… Continue reading Pendidikan, dari Siapa?

Dari Saya · Opini · Tulisan

Kalau punya duit…

  Bapak, Ibu, Teman-teman, Kalau punya duit, jangan banyak-banyak jajan ya. Apalagi kredit. Alokasikan saja buat investasi. Mungkin buat beli reksadana, emas, atau tanah. Atau bisa juga buat biaya kursus. Kursus itu investasi juga loh. Investasi kepala, tepatnya. Atau, kalau mau jadi konsumtif, sebenarnya tidak apa-apa juga sih. Tapi kalau mau jajan-jajan lucu, jajannya di… Continue reading Kalau punya duit…

Dari Saya · Opini · Tulisan

Bidang yang Aku Sangat Ingin Belajar Banyak

Sudah selesai dua semester sebagai mahasiswa prodi Arkeologi. Prodi yang sebelumnya nggak pernah terpikir. Hampir nggak ngebayang akan kuliah untuk memelajari peninggalan-peninggalan kuno beserta kebudayaannya. Prodi ini adalah pilihan keduaku (yang diambil agak asal) setelah aku meletakkan Ilmu Ekonomi sebagai pilihan pertama. Beberapa tahun terakhir ini isu-isu mengenai ekonomi dan aneka sistem ekonomi kelihatan menarik… Continue reading Bidang yang Aku Sangat Ingin Belajar Banyak

Dari Saya · Opini · Tulisan

Pembayar Pajak, Saya Ngutang

Yth. Bapak/Ibu Pembayar Pajak di penjuru mana pun Anda berdomisili   Salam sejahtera. Saya mau ngucapin terima kasih banyak-banyak pada Bapak/Ibu. Sebelumnya, saya perkenalkan diri dulu ya. Saya Prita, mahasiswa yang baru 2 semester di sebuah universitas negri. Sebelum ini, saya sekolah di SMK negri, sebelumnya di SMP negri, sebelumnya lagi di SD negri. Begitu… Continue reading Pembayar Pajak, Saya Ngutang

Dari Saya · Opini · Tulisan

Emang Smartphone Bikin Produktif?

Saya rasa saya butuh  smartphone. Ponsel yang saya gunakan lumayan jadul, Samsung C322. Berkamera, bluetooth, tapi selama ini saya cuma pake fitur sms, telepon, kamera, dan alarm. Lingkungan saya penuh dengan pengguna smartphone atau ponpin (singkatan dari ponsel pintar, istilah ini dari Three Ve di Annida). Kadang keadaan ini bikin saya mikir kalau saya butuh… Continue reading Emang Smartphone Bikin Produktif?