Dari Saya · Opini · Tulisan

Limpahan Inspirasi dari Jalanan

 

electricity, idea, light

 

Tempat publik adalah gudang inspirasi. Banyak banget hal baru yang sebelumnya belum pernah kita liat atau kita tau atau hal nggak kita sangka bahwa hal itu ada. Dan hal-hal seperti itu, ngedapetinnya nggak perlu repot-repot meluangkan waktu untuk ke tempat publik macem mall, toko buku, tempat makan, museum, taman kota, dan lainnya. Secara gampang dan hemat waktu, kita bisa ngulik gudang inspirasi itu dengan naik angkutan umum! Mungkin akan jenuh kalau macet, rame, pengap, atau hal-hal nggak nyaman lainnya. Tapi, di samping hal-hal itu, ada banyak hal asik yang bisa didapetin dari naik angkutan umum. Manfaat paling umum sih, ya ramah lingkungan dan ngurangin macet, dibanding pake kendaraan pribadi. Selain itu, apa lagi?

Di jalanan bertebaran banyak sumber inspirasi dan ide baru. Nyalakan sensor kejelian dan sudut pandang kreatif kita, dan lihat betapa berlimpahnya inspirasi! Dimana aja kita bisa menemukan inspirasi-inspirasi itu?

 

People Walking on Gray Pavement

Orang-orang yang kita temui

Orang yang kita temui di jalan itu sangat bermacam-macam, terutama di kota-kota besar yang sangat multikultur. Begitu pula di angkutan umum. Misalnya, dengan melihat penampilan dan cara berjalan sesama penumpang, kita bisa mendapatkan beragam kepribadian orang-orang. Kita bisa melihat bagaimana orang-orang berperilaku dan beraktivitas, dan menganalisis alasan dibalik tindakan-tindakan kecil orang-orang. Hal kecil seperti ini bisa memunculkan ide-ide baru. Selain itu, bisa juga mengulik ide dengan berandai-andai kemana seseorang akan pergi. Misalnya, ketika melihat seorang perempuan dewasa membawa anak kecil kita bisa menebak hubungan mereka; apakahi ibu-anak, atau tante-keponakan, atau guru-murid. Kira-kira, cerita apa yang bisa muncul dari hubungan keduanya? Oh iya, catatan penting untuk pengandaian macam ini: jangan buat prasangka buruk, jangan merugikan orang lain (dan diri sendiri juga, tentu).

 

asia, buildings, cars

 Jalanan yang kita lihat

Di sepanjang perjalanan, kita bisa melihat perkembangan kota dari jendela kendaraan. Apa saja yang terjadi di jalan. Misalnya, kita bisa tau dimana titik aktivitas kaki lima, ojek mangkal, dan macam-macamnya. Dengan itu, kita bisa melihat beragam pernik dari berbagai macam jenis kehidupan, dan ini bisa banget jadi bahan inspirasi!

Dan selain itu, kita juga bisa belajar dari karya-karya yang terpampang di jalanan. Misalnya, dengan poster atau baliho, seorang desainer grafis bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan dari desain tersebut. Atau, bagi desainer busana, bisa menganalisis tren baju yang digunakan orang-orang. Makin banyak inspirasi, makin kreatif, makin mudah dan cemerlang berkarya!

 

alcohol, bar, chat

Obrolan yang kita dengar

Nah, ini yang paling khas dari naik angkutan umum: obrolan orang-orang. Dengan ketemu berbagai macam jenis penumpang, kita bisa dengar gimana kerasnya sekolah zaman sekarang dari penumpang-penumpang putih-abu, berapa harga sembako di pasar dari mama-mama yang habis belanja, atau gimana panasnya panggung politik dari penumpang bapak-bapak. Pengetahuan tentang apa yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana masyarakat kota kita memandang suatu fenomena tertentu, bertambah. Dengan ini, bisa aja informasi-informasi baru jadi tambahan inspirasi untuk karya yang sudah atau akan kita buat. Banyak tahu, banyak kemungkinan ide deh!

 

Dan banyak lagi!

Nggak cuman tiga hal itu, tapi masih banyak lagi celah untuk curi-curi ide dan inspirasi dari naik angkutan umum. Misalnya, kita bisa perhatiin bagaimana tindak-tanduk orang-orang. Atau, kita bisa memperhatikan tata kota, kondisi lingkungan, infrastuktur, dan macam-macam hal lain yang bisa dilihat. Makin banyak hal yang bisa dilihat, makin banyak peluang ide baru datang!

 

Nah, itu sedikit dari banyak sekali cara ngulik ide dari limpahan inspirasi yang ada di jalanan. Pengembangan wawasan dan ide nggak cuma dari workshop, kerjaan, browsing-browsing, atau piknik. Dari hal kecil seperti memerhatikan jalanan dari angkutan umum pun bisa asyik banget, karena kita bisa melihat banyak hal dan menemukan poin-poin yang sebelumnya kita nggak tau. Jalanan dan angkutan umum menyajikan banyak hal untuk wawasan baru kita, bahan mentah yang dengan kreativitas kita bisa jadi karya menarik. Intinya, inspirasi bisa ada dimanapun, termasuk di dalam angkutan umum yang (seringkali) bikin jenuh. Dan cara mendapatkannya, tentu saja dengan sedikit membuka mata dan jeli menemukan keunikan dari tiap-tiap hal (bahkan dari hal yang dianggap biasa).

Poin terakhir, jangan sampai luput: eksekusi inspirasi dan ide!

 

Seluruh gambar diambil dari Pexels.

Iklan

6 thoughts on “Limpahan Inspirasi dari Jalanan

  1. bener banget…
    kalau aku lebih banyak inspirasi dari lihat teman dan curhatan teman…
    aku aplikasikan menjadi artikel sesuai masalah teman dan aku jawab melalui versiku.. 😀

  2. Setujuuuu inspirasi ada dimana2 ya, cuma masalahnya belum tentu bisa menuangkan nya hiks. Tapi ya minimal kalau gak bisa menuangkanya, jadi nambah pengalaman + pengetahuan lah ya hehehe

  3. Saya jarang nih nulis dari kejadian2 di sekitar. Cuma sekarang ada kategori nulis bebas di blog, jadi sesekali saya juga menulis dari hal semacam diatas untuk berlatih memberi deskripsi.

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s