Dari Saya · Opini · Tulisan

Foto Berpetak, Apa Maksudnya?

swafoto

Pengen bikin collage foto biar ala-ala anak gaul, tapi gua nggak suka memotret dan dipotret. Dan swafoto–atau selfie–kan gabungan dari keduanya. Alih-alih, gua gambar saja di Illustator.

Meski sebenarnya, gua masih nggak ngerti maksud rangkaian foto-foto dengan gaya yang mirip kayak gitu. Gua nggak tau istilahnya apa, tapi beberapa orang menyebut rangkaian foto berpetak ini ‘collage‘.

Apa ya yang sekiranya ingin mereka sampaikan dengan rangkaian foto yang gayanya mirip-mirip? Apakah pengen memberikan kesan nggak statis, karena dengan banyak pose (yang meski mirip) bisa muncul kesan bergerak, atau mungkin lebih tepatnya ‘dinamis’? Mungkin kali ya. Beberapa tahun lalu sempat populer  foto dan gambar format .gif yang seakan bisa bergerak karena gambar tersebut gabungan berbagai foto. Mungkin, mereka ingin memberikan kesan serupa itu dengan .jpg.

loncat!
Dinamis ala-ala .gif

 

Rangkaian .jpg, keliatan dinamis gak?

Mungkin untuk mendapat kesan seperti itu kali ya. Atau kesan mirip komik panel: adegan pendek yang bisa memberi cerita. Atau mungkin, karena kebingungan memilih satu hasil swafoto yang paling menarik, sehingga dipasang banyak foto sekaligus. Atau mungkin, untuk mengungkapkan beragam ekspresi lewat banyak raut muka. Berekspresi dengan tulisan, gambar, atau karya lainnya cenderung makan waktu dan lebih sulit, sementara ekspresi lewat raut muka kan sangat mudah dan lugas, tidak perlu repot-repot.
Sering, gua melihat ‘collage‘ foto seperti itu lucu, menarik, senang lihatnya. Tapi masih bingung, apa artinya? Apa kesan yang mau diungkap? Tapi entahlah, masih bingung. Kalo pendapat lu, gimana?

12 thoughts on “Foto Berpetak, Apa Maksudnya?

  1. Ah keren itu gifnya. Ajari dong. Saya ini kurang deh kalau soal design-design an gitu.

    Kalau lihat selfie collage jujur sih pikiran saya cuma satu: Pas foto. hahahaha *kaboooor*

    1. Pake Photoscape Mbakkk yang tinggal masukin trus save. Aplikasi yang user-friendly tapi fiturnya nggak terlalu banyak. Tapi kalo mau tanpa nginstall mah di internet juga banyak web gif generator gitu.

      Makasih udah mampir dan komen Mbakk ^^

Tanggapi dong:

