Dari Saya · Opini · Tulisan

Kalau punya duit…

ilustrasi belanja2-01

 

Bapak, Ibu, Teman-teman,

Kalau punya duit, jangan banyak-banyak jajan ya. Apalagi kredit. Alokasikan saja buat investasi. Mungkin buat beli reksadana, emas, atau tanah. Atau bisa juga buat biaya kursus. Kursus itu investasi juga loh. Investasi kepala, tepatnya.

Atau, kalau mau jadi konsumtif, sebenarnya tidak apa-apa juga sih. Tapi kalau mau jajan-jajan lucu, jajannya di warung aja. Jangan di Indomaret atau Alfamart. Dan kalau mau belanja, belanjanya di pasar saja, pasar tradisional mungkin. Jangan di mal terutama di gerai-gerai milik orang asing itu. Kita membeli apa yang kita produksi saja, kita perkaya sesama kita.

Oh ya, kalau mau jadi konsumtif juga, harus punya duit sisa ya. Ada kutipan, ‘belanjakan uangmu yang tersisa setelah menabung, bukan tabung uang yang tersisa setelah belanja‘. Itu kutipan bagus. Saya lupa siapa yang mengucapkan. Tapi seringkali godaan untuk menghabiskan uang sulit ditampik–saya tidak menyanggahnya–sehingga tidak pernah ada tabungan. Lebih buruk lagi, orang yang selalu ada hutang. Ada beberapa orang yang saya kenal berhutang dan tidak berusaha melunasi hutangnya. Alih-alih, mereka tetap belanja, mengabaikan hutangnya. Alangkah baiknya menahan hal-hal seperti itu kan. Jika tidak punya duit, ya hemat-hemat saja, tidak perlu konsumtif.

Tapi sebenarnya, gaya hidup itu pilihan; apakah Anda mau konsumtif atau hemat setengah gila. Ya saran saya, kalau mau konsumtif, beli dari produk lokal ya. Setidaknya orang sekitar kita bisa produktif.

Iklan

7 thoughts on “Kalau punya duit…

  1. kalau sudah bekerja memang bawaannya pengen beli ini itu, padahal ya nggak butuh-butuh amat. Lebih baik buat sedekah ya daripada belanja yang cuma “keinginan”

  2. godaan menghabiskan duit itu emang di atasnya godaan setan!hihihihi.. intinya jangan suka buka tokopedia dkk. jangan lirik mall. belanja bulanny d pasar tradisional aja. yg bisa ditawar 😀

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s