Dari Saya · Harian · Tulisan

Kepada Pahlawan

Kepada pahlawan nasional, yang namanya tertera maupun luput di buku sejarah kami:
Kupanjatkan pada Tuhan, doa pendek yang tak sebanding dengan juang panjangmu, sembari larut dalam mengheningkan cipta.

Dengan seluruh angkasa raya memuja pahlawan negara
Dengan menyebut nama Tuhan Semesta Alam, segala puji bagi-Mu yang memiliki kepunyaan dan kuasa atas tiap jengkal semesta. Segala puji bagi-Mu, Tuhan, yang telah jadikan garis sejarah leluhur bangsa kami penuh dengan orang-orang yang berdedikasi penuh, bukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk bangsa sepenuhnya. Maka dekap orang-orang itu dengan berkah tiada hingga, Tuhan, dan jangan buat kami abai terhadap jasa mereka.

Nan gugur remaja diribaan bendera
Di satu masa sebelum hidupku, Tuhan, ada begitu banyak pemuda tutup usia. Mereka mati, mati karena mereka maju, karena hasrat merdeka yang mereka agungkan ditumpas habis. Maka catat kematian mereka, Tuhan yang Maha Meninggikan, sebagai sesuatu yang menjadi amal baik tak putus bagi mereka. Sebab kini, hidup nyaman kami adalah akumulasi dari keringat mereka dahulu. 

Bela nusa bangsa
Dan Tuhan, jangan sia-siakan tiap tetes perjuangan mereka untuk negri ini. Beri kami pemahaman atas esensi keringat, darah, seruan, dan tekad mereka, wahai Tuhan yang Maha Mengetahui, agar hadir kami di sini menjadi penyokong apa yang sudah mereka lakukan, bukan malah mengkhianati mereka dengan ketidak-baktian kami.

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Maka ingatkan kami, Tuhan, untuk senantiasa mengenang mereka. Bukan hanya sekadar menghapal cerita mereka, tapi mengambil esensi dari juang tulus dan dedikasi mereka. Wahai Tuhan yang Maha Kokoh, tegakkan kaki-kaki kami, kuatkan tungkai kami, untuk berlari dan melompat melampaui asa yang mereka gantung pada kami. Jadikan kami mengenang mereka dengan sepenuh syukur dan dedikasi meletup-letup, Tuhan.

Harga, jasa, kau cahya pelita
Dan sebiji kecil pun niat dan usaha mereka, limpahi dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih. Ada peran mereka di balik istilah merdeka yang memayungi kami hari ini, Tuhan. Maka kepada-Mu, Tuhan yang Maha Pengampun, kesempatan mengabdi mereka sudah habis, Tuhan, ampuni salah dan lalai mereka, Tuhan, bersihkan mereka dari noda dosa. Dan, Tuhan yang Maha Kaya, kami mengemis kuasa-Mu untuk balas mereka dengan limpah pelita berlipat-lipat, dan tempat kedudukan tentram di surga-Mu. 

Bagi Indonesia merdeka
Kepada-Mu, kami mohon agar merdeka bisa kami pahami lebih esensial, agar Kau selalu memberkahinya. Kabulkan doa kami, wahai Tuhan yang Maha Mendengar, yang Maha Melihat, yang Maha Mengabulkan Doa, karena kami bukan apapun kecuali hamba-Mu, dan karena tiada kuasa apapun di semesta yang bukan kuasa-Mu. 

Aamiin.

Dan kepada seorang pahlawan selama lebih dari sedekade:
Selamat Hari Pahlawan, Re. Terima kasih atas untai inspirasi dan motivasi tak berhingga. Aku berhutang padamu sepanjang sisa napasku.

Selamat Hari Pahlawan, semua! Semoga kita selalu bisa membalas (atau setidaknya menghargai) jasa pahlawan-pahlawan di hidup kita, dan semoga kita makin pahlawan setiap hari!

Iklan

5 thoughts on “Kepada Pahlawan

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s