Dari Saya · Resensi · Tulisan

Freakonomics: Sistem Ekonomi Itu Aneh!

Photo-0033Buku ini bukan buku serba-serbi ekonomi.

Memang membahas ekonomi, tapi sangat mendasar ke filosofinya sehingga bener-bener sukses ngebuka cara pandang baru bagi saya.

Penulis buku Freakonomics ini, Steven D. Levitt, seorang ekonom yang juga dosen, sangat brilian. Dan buah pikirnya yang brilian ini dituliskan rapi bersama rekannya, Stephen J. Dubner. Steven yang berjodoh dengan Stephen, hahaha.

Beberapa rekomendasi memasukkan buku ini ke kategori wajib baca. Dan memang benar! Buku ini ngebuka pandangan, memberi kita kacamata baru untuk memandang dunia. Banyak fakta-fakta yang diungkap di sini nggak pernah kita sadari, sehingga membacanya memunculkan gumaman, “Ya ampun, gua baru nyadar! Kenapa selama ini gua nggak mikir sampai sana?

Dan buku ini jauh dari hal-hal (yang kita anggap) ekonomi. Sedikit sekali (atau bahkan nggak ada) pembahasan mengenai pasar, bank, sistem ekonomi, dan sejenisnya, sehingga buku ini bisa dikonsumsi aneka kalangan; pakar maupun awam. Steven D. Levitt cerdas banget bisa menuliskan hal-hal yang wow-kok-gua-nggak-nyadar bagi kita, memberi contoh yang tepat dan mengajak kita mikir dan membuka pandangan.

Berbekal dengan informasi, para pakar dapat melakukan sesuatu yang dahsyat: ketakutan. Takut anak Anda akan menemukan Anda meninggal di lantai kamar mandi karena serangan jantung jika anda tak melakukan operasi angiolasty. Takut bahwa keranda yang murah membuat nenek Anda bernasib jelek di alam kubur. Takut bahwa mobil seharga $25.000 akan rontok seperti mainan ketika terjadi kecelakaan, sementara mobil seharga $50.000 akan melindungi orang yang Anda cintai dalam kempompong baja yang kokoh. Ketakutan yang diciptakan oleh pakar-pakar iklan mungkin tidak seberapa dibanding dengan ketakutan yang diciptakan oleh teroris seperti Ku Klux Klan, namun prinsipnya tetap sama.

-Satu paragraf di Freakonomics

Saya baca buku ini versi terjemahannya, bahasa Indonesia, minjem perpus kampus. Kudet sih baru hari ini baca Freakonomics, padahal udah fenomenal sejak lama. Dan sebelumnya saya juga udah lama punya versi Inggrisnya, tapi karena bentuknya elektronik jadi nggak pernah dibaca.

Berikut data bukunya:

Judul Freakonomics
No. ISBN 9792222049
Penulis Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner
Penerbit Gramedia Pustaka Utama 
Tanggal terbit Juni – 2006
Jumlah Halaman 266
5 thoughts on “Freakonomics: Sistem Ekonomi Itu Aneh!

  1. Dari jaman aku kuliah, udah rame buku ini tapi aku gak tertarik baca karena aku pikirrrr bahwa di dalam bukunya bakal banyak istilah ekonomi. Eh ternyata gak ya 😀

Tanggapi dong:

