Dari Saya · Resensi · Tulisan

FontViewOK: Milih Font Jadi Gampang!

Akhir-akhir ini, pas ngedesain, saya sering menghabiskan waktu untuk milih font yang mau dipakai. Saya klik satu per satu fontnya untuk preview cocok atau nggaknya, dan itu melelahkan, membosankan dan boros waktu. Saya rasa, mungkin ada aplikasi yang bisa ngegampangin preview ratusan font di PC saya. Dan ketika saya googling, langsung nemu aplikasi yang cocok banget!

fontview

Namanya FontViewOK. Cocok banget untuk skimming font. Tampilannya terdiri dari dua panel yang memudahkan kita melihat koleksi font. Beda dengan di direktori Fonts-nya Windows (yang kita buka pake Windows Explorer) yang cuma nampilin thumbnail dengan teks 3 huruf, FontViewOK ini bisa menampilkan teks dari berapapun panjang kalimat yang kita masukin.

Tampilannya kayak ‘pameran’ font, tinggal masukin teks dan dalam sekejap, teks itu ditampilkan dengan tiap-tiap font yang terpasang di PC. Tinggal scroll untuk milih, lebih praktis bagi saya yang kerja pake Adobe Illustrator CS5 yang preview fontnya ribet dan cuma nampilin nama fontnya doang. Selain itu, FontViewOK ini dilengkapi fitur yang cukup mendukung, misalnya formatting font, duplikat panel (jadi panel kanan dan kiri nampilin teks yang sama), dan macam-macam bahasa.

Beberapa fitur FontViewOK

Pilihan bahasa yang tersedia

 

Aplikasi ini ringan banget, cuma 152 KB, dan ga perlu instalasi untuk pake. Tinggal klik file .exe-nya doang buat buka. Praktis (y), jadi bisa salin ke perangkat portable kayak flashdisk atau harddisk.

FontViewOK bisa diunduh di sini.

Iklan

2 thoughts on “FontViewOK: Milih Font Jadi Gampang!

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s