Dari Saya · Opini · Tulisan

Selamat Datang, 2015

selamat datang MEA

Halo, teman-teman sebangsa. Besok udah 2015, udah masuk MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), atau istilah populernya AEC (ASEAN Economic Community). Nyaris ga berbatas lagi bagi penduduk ASEAN untuk bekerja, belanja, investasi, nyari modal, dan buka usaha. Jadi aktivitas ekonomi kita gampang banget untuk lintas negara.

Artinya, mudah bagi penduduk ASEAN untuk kerja, belanja, investasi, tanam modal, dan jualan di negri kita. Karena negri kita potensi ekonominya besar banget, (katanya) kemungkinan besar akan banyak orang asing yang bertamu ke negri kita di 2015 ini. Mari siapkan jamuan terbaik kita. Dengan apa?

Tentu saja, dengan tunjukkan kalau kita tuan rumah yang punya rumah tangga sejahtera, tuan rumah yang kaya dan bisa menjamu tamu-tamunya dengan baik. Pertama, kita bisa menjauhi konsumerisme. Terutama konsumerisme terhadap barang-barang impor. Karena kebanyakan belanja barang impor bisa melemahkan rupiah kita. Kedua, kita harus tingkatkan kompetensi dan produktivitas. Ketiga, kuatkan prinsip budaya lokal. Kita akan makin berkarakter dengan budaya khas kita masing-masing. Keempat, berpikiran global. Kita harus update dengan isu-isu ekopolkum, dan harus tau juga bagaimana menyikapinya.

Dengan itu, kita bisa jadi tuan rumah yang mampu menjamu tamunya dengan baik. Oh iya, banyak dari tamu kita yang akan tinggal lama di sini. Mari kita jaga agar para tamu itu tidak menguasai rumah kita.

 

asean.org/communities/asean-economic-community

Iklan

5 thoughts on “Selamat Datang, 2015

  1. Jangan lupa, perkuat ekonomi kerakyatan dengan membiasakan diri belanja ke pasar rakyat, bukan hypermart atau supermarket yang telah meng-kanibalisasi ratusan pedagang kecil di sekelilingnya.

  2. Waaah. Degdegan juga ya menghadapi Mba ini. Salah satu yang bisa saya lakukan ya belanja ke pasar tradisional seseorang mungkin untuk membantu memperkuat ekonomi kerakyatan..

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s