Dari Saya · Harian · Tulisan

Merangkum Tiga Tahun di Multimedia SMKN 48 Jakarta (2/2)

[ini tulisan terakhir dari dua tulisan. Tulisan pertama di sini]

smt 4

SEMESTER EMPAT. Semester paling berkesan!

Banyak banget hal yang nggak bakal saya lupa di paruh pertama 2013 ini, secara keseluruhan. Pertama, saya ketemu beberapa kali dengan seorang teman yang tak bisa apa-apa. Kedua, kelahiran adik ketiga saya. Ketiga, MGMP Multimedia dan workshop yang diikuti siswa Multimedia dari berbagai SMK di Jakarta Timur, berkesan banget-banget! Keempat, saya mulai belajar di sebuah kelas informal dengan sepuluh guru sekaligus (yang berlangsung hingga setahun kedepan). Kelima, saya jadi bendahara kelas. Sebenarnya saya sudah bendahara sejak semester kemarin, tapi nggak berasa ‘jadi’ bendaharanya karena prakerin. Jadi bendahara itu menyenangkan banget, saya bleajar banyak. Keenam, lab multimedia selesai direnovasi dan dipasangi lebih dari 30 komputer beserta headphone yang benar-benar baru, ruangannya juga ditata ulang, dan lab multimedia makin-makin jadi surga jurusan. Ketujuh, pertama kalinya saya punya HP, meski CDMA dan lebih sering mati karena saya malas isi baterai (ini salah satu faktor kenapa saya nggak pernah punya hape sebelumnya). Kedelapan, saya udah nentuin jurusan dan kampus buat kuliah (kalo pasca lulus mau lanjut perguruan tinggi) dan udah ngerencanain pekerjaan yang mau diambil (kalo pasca lulus mau lanjut kerja).

Dan yang paling berkesan di pelajaran produktif: tugas animasi.

Tugas ini dikerjakan per kelompok, satu kelompok 5 orang, deadline 1 bulan (yang pada akhirnya ngaret berminggu-minggu). Tugasnya adalah buat film animasi pendek 2 dimensi dengan durasi minimal satu menit.

Tugasi ni berkesan karena nguras banyak hal: waktu, ide, dan tenaga. Dan duit juga, hehehe. Karena beberapa kali kami ngerjain animasi di ruamh salah satu anggota kelompok, jadi harus ngongkos. Dan kalaupun pengerjaannya di lab multimedia sekolah, kami ngerjain sepulang sekolah dan kadang keluar duit buat makan lagi.

Selain itu, buat film adalah proses dengan banyak tahapan. Berikut tahapan pengerjaan kami:

Diskusi ide → membuat skenario → menentukan tokoh → mengisi suara → menyusun storyboard → membagi tugas antar anggota kelompok untuk buat latar belakang dan tokoh → mengerjakan latar belakang dan tokoh → mengerjakan animasi → editing dan menggabungkan audio → revisi, beberapa kali → membuat pembuka dan penutup video → mematangkan → rendering.

Hasilnya lumayan, saya lega karena akhirnya tugas ini lewat juga. Tapi saya jauh dari puas, karena banyak banget penyesalan untuk tugas ini; seharusnya kami bisa lebih bagus dan lebih tepat deadlie, tapi saya nggak fokus sehingga ya begini. Sayangnya, hingga sekarang video animasi kelompok kami belum saya (coba lagi) unggah. Beberapa waktu lalu saya coba konversi ke format yang cocok untuk diunggah di Youtube.

Dan di semester ini juga, hard disk laptop saya rusak sehingga hampir semua tugas semester ini saya kerjakan di komputer lab.

Selain animasi, ada tugas motion graphic, buat karakter di Illustrator (yang nantinya kami buat ulang versi flanel. Ya, pakai kain flanel!), dan video iklan.

Di semester ini, tugas-tugas yang diberikan perlu durasi lebih lama untuk diselesaikan, ±1 bulan. Ada waktu luang kalau saya nggak memerlukan tidur.

smt 5

SEMESTER LIMA.  Penuh dengan Autodesk 3Ds Max.

Ya Tuhan, aku cinta sekali 3Ds Max.

Cuma ada 2 tugas di semester ini: buat desain eksterior dan interior rumah tinggal, dan buat prototipe 3 dimensi sesuai konsep yang diberikan. Masing-masing tugas deadline 2 bulan, tapi untuk desain rumah, saya habis hampir sepanjang semester untuk menyelesaikannya…

Fokus pada 3Ds MAx, sebuah piranti lunak untuk 3D modeling dan animasi, yang butuh komputer dengan spesifikasi cukup tinggi (direkomendasikan RAM-nya 4 GB) untuk di-install. Fitur-fitur piranti lunak ini keren banget–nggak tau sih ya kalo dibanding Blender, Cinema 4D, Houdini, dsb., saya belum pernah coba. Tapi mengesankan banget belajar 3D! Kami belajar buat konstruksi tiga dimensi sekaligus–bukan lagi dua–membangun detail unik dari bangun ruang sederhana, mengatur tata cahaya, dan membuat animasi sekaligus.

Sebenarnya semester ini agak santai dan lumayan banyak waktu luang, tapi sayangnya di tugas desain rumah saya nggak cermat sehingga ukuran file mentahnya cukup besar (saya membuat terlalu banyak detail dan tekstur), sehingga butuh waktu lama banget untuk rendering. Jadi saya mengorbankan banyak sekali jam santai di semester ini untuk rendering di lab multimedia.

 

smt 6

SEMESTER ENAM. Semester terakhir ini kami nggak belajar banyak, hanya persiapan UKK (Uji Kompetensi Kejuruan, di beberapa tempat disebut Ukom atau Ujikom). Ini ujian yang diadakan pra-UN di SMK, untuk mengetes seberapa kompeten sang siswa di jurusannya. Ujian ini setingkat dengan UN, US, dan Ujian Praktik; sama-sama syarat untuk lulus. Kami belajar buat flash interaktif (flash interaktif itu seperti game yang ada di Games.co.id, tapi sayangnya kami belum belajar script sejauh itu; kami hanya buat flash interaktif untuk profil perusahaan) karena awalnya kami mengira soal UKK-nya adalah buat flash interaktif. Dan materi ini perlu saya pelajari lebih lanjut; saya pengen bikin game flash interaktif, tapi belajar ini butuh konsistensi dan saya sekarang mau fokus desain grafis dulu.

Setelah soal UKK keluar (sekitar 1-2 minggu sebelum hari H UKK), ternyata soalnya bukan buat flash interaktif melainkan buat video. Alhasil kami mengabaikan latihan flash interaktif dan fokus latihan buat video untuk hari H UKK. Tiap siswa memilih salah satu tema video untuk dikerjakan pada hari H: video iklan, film dokumentasi, atau profil perusahaan. Produk jadinya adalah video dengan durasi tertentu yang di-burn ke DVD. UKK berlangsung 8 jam dengan istirahat 1 jam.

Saya memilih membuat profil Zenius, saya pernah ulas Zenius di sini (link). Saya nggak unggah hasil UKK karena setelah izin ke pihak Zenius via surel, mereka membolehkan saya buat video profil hanya sekadar untuk kepentingan UKK saya dan tidak boleh disebar di media. Tapi.. kalaupun boleh disebar rasanya saya nggak bakal nyebar juga sih, sedih berantakan banget soalnya 😦

Setelah UKK hidup berasa legaaaa banget karena ini deadline produktif terakhir kami di SMK, setelah ini nggak ada deadline produktif apapun lagi. Hari-hari lebih enteng, tinggal nyiapin ujian praktek, US, dan UN. Ketiga ujian ini nggak berat di SMK, berbeda dengan di SMA yang harus belajar keras buat UN.

Semester ini pendek banget. Kurang dari empat bulan udah abis. Dan saya sering banget pulang siang, padahal di semester-semester sebelumnya pulang sore melulu. Banyak banget waktu luang, karena sibuknya cuma di minggu sebelum UKK dan minggu pas ujian praktek, sehingga banyak waktu yang sebenernya bisa dipake buat ngejar materi SMA IPS (buat SBMPTN dan ujian-ujian mandiri), tapi alih-alih belajar saya malah tidur siang.

 

Enam semester di Multimedia SMKN 48 Jakarta, saya ngerasa belajar bnayak banget sekaligus sedikit banget. Banyak banget, karena selepas lulusnya saya dari Multimedia, banyak banget ranah yang bisa saya perdalam; desain grafis, ilustrasi, animasi, video editing, 3D modeling, animasi 3D, arsitektur, dan banyaaak banget. Sedikit banget, karena banyak jam yang saya sia-siakan selama di SMK. Misalnya sering tidur siang di jam kosong alih-alih ngerjain tugas produktif, nggak banyak nanya dan nyari tau macem-macem ke temen-temen dan guru-guru, jarang ngulik macem-macem software yang ada di komputer lab, dan nggak maksimal manfaatin seluruh fasilitas sekolah.

Ijazah, ga usah kasih lihat bagian bawahnya ya. Sedih liat nilai produktifnya.

 Sebenarnya, tiga tahun lalu–di akhir semester pertama saya di SMK–ada draf di blog Multiply saya dengan judul ‘Semester Pertama di Multimedia’. Banyak banget yang ingin saya tuangkan di draf itu–semester pertama saya di sana benar-benar membuat saya belajar–tapi sayangnya karena faktor malas dan lalai, draf itu nggak selesai hingga hari ini, sehingga saya buat postingan ini (dulu sih rencananya pengen bikin posting ginian pasca lulus, baru kesampean sekarang, hehehe), meski awalnya pengen bikin rangkuman di tiap akhir semester. Yah, mentok-mentok saya cuma unggah album berantakan ‘Semester Dua di Multimedia‘. Dan cuma satu semester itu doang yang saya buat post khusus.

Menyenangkan mengenang 3 tahun pembelajaran yang kemungkinan besar jadi gerbang buat cita-cita besar saya; desainer grafis (dan animator, tapi tidak dalam waktu dekat ini). Dan menyenangkan juga, jurusan saya sekarang ‘murtad’ dari jurusan saya sebelumnya, jadi saya banyak belajar melihat dari sudut pandang yang beda.

Rencananya sih setelah ini mau nulis post ‘Semester Pertama di Arkeologi’. Tapi entar deh tungguin IP keluar dulu *apa hubungannya Prit*

3 thoughts on “Merangkum Tiga Tahun di Multimedia SMKN 48 Jakarta (2/2)

Tanggapi dong:

