Dari Saya · Harian · Tulisan

Max Media: Pameran dan Eksplorasi Mahasiswa Polimedia

Poster Max Media

Sejak pertama kali lihat promo acara Max Media di twitter akhir Oktober lalu, saya udah mutusin harus banget dateng ke sini. Lokasinya di Polimedia, ga jauh dari kampus saya; dilangsungkan selama 3 hari dengan macem-macem stan dan seminar; dan pameran desain! Ya Tuhan, rasanya udah lama banget saya nggak nikmatin pameran desain selain di Behance atau Kreavi. Dulu biasanya di mading sekolah, di depan lab MM, atau di ruang kelas ditempel desain-desain kami. Jadi tiap hari ngeliat karya temen-temen sejurusan kalo berlalu-lalang di sekolah. Tapi sekarang saya kuliah ngambil jurusan lain, jarang ada pameran desain; mentok-mentok pameran lukisan di perpus kampus.

Depan kampus Polimedia

Max Media berlangsung Kamis (13/11) hingga Sabtu (15/11) lalu di aula Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Sebenernya berbatasan dengan asrama kampus, jadi tinggal jalan kaki, tapi ga ada jalan tikus, jadi terpaksa ke sana harus naik angkot muter-muter dan bayar 3 ribu. Acara ini diselenggarakan oleh prodi Multimedia di Polimedia, dan ada macem-macem seminar, macem-macem pameran, dan bazar juga. Sayangnya, saya cuma sempat ke sini satu kali, hari Jumat (14/11) sepulang kuliah. Dan pas saya sampai Polimedia jam 11 bazarnya belum buka dan seminarnya belum mulai 😦 mungkin karena berselisih sama sholat Jum’at, jadi bazar dan seminar baru dimulai siang. Saya di sana cuma 2 jam, karena harus balik ke kampus lagi buat ngehadirin seminar yang ada makanan gratisnya. Hehehe. Saya nikmatin banget pamerannya! Banyak karya mahasiswa maupun dosen dari berbagai jurusan, entah itu digital painting, vektor, tipografi, atau sketsa, yang bikin saya mendadak pengen pindah prodi ke Multimedia lagi. Hahaha. Karya-karya di pameran itu mengagumkan, sekaligus bikin saya malu… beberapa karya di antaranya adalah karya maba-maba, dan keliatannya udah master banget di dunia desain, padahal mereka kan baru kuliah beberapa bulan. Saya yang udah 4 tahun kenal desain grafis (3 tahun di jurusan Multimedia SMK, malah) kalah jauh dibanding mereka *dalam hati berikrar akan lebih sering ngapel sama Illustrator. Saya sempet motret beberapa karya yang menurut saya menarik, sayangnya nggak bisa banyak-banyak, karena saya masih pake HP jadul yang terbatas banget memorinya.

Flower Girl oleh Klenta Muthia. Cewe bangeeet :3
Initial #18 oleh Rezian Islami. Cuma inisial tapi direpresentasiin dengan lucu.
The Blues Typograhpy oleh Shandy Ari. Ga ngebayang bikinnya harus setelaten apa…

Selain pameran, ada banyak stan menarik. Dan sayangnya saya cuma ngunjungin sedikit stan. Saya beruntung banget di Max Media ini kenalan sama seorang maba prodi Multimedia, namanya Lina, dia maba yang jadi panitia Max Media, dan saya ditemani keliling pameran dan stan-stan. Seneng bangeet ada temen buat keliling dan ngobrol, berhubung saya ke sini sendirian. Kami ngunjungin stan video mapping, stan foto, dan stan kuis flash interaktif. Ada stan game juga, game yang katanya dibuat sama mahasiswa-mahasiswa prodi Multimedia, tapi sayangnya saya nggak sempet main. Visual gamenya 3 dimensi, dan kelihatannya jenis adventure atau strategy, pokoknya semacem game tembak-tembakan gitu, duh saya jadul nggak pernah main game.

https://pbs.twimg.com/media/B2YXq5BCAAA9lIj.jpg
Sama Lina di photobooth♥

Dan stan yang paling lama saya datangi itu stan Inkking, salah satu UKM yang menampung hobi ngomik para mahasiswa. Saya ke stan ini sendirian, ga sama Lina, dan karena itu malah jadi ngobrol panjang sama kakak-kakak penjaga stannya. Di stan Inkking dijual komik produksi Inkking dan dipajang panel-panel komik lucu-lucu, ada yang digambar secara digital ataupun manual. Dan dipajang juga tokoh-tokoh ciptaan anggota Inkking. Salah satu tokoh yang paling beda (karena yang lain manga dan ini engga, yang lain berwarna dan ini engga), adalah yang dibuat sama Prita Dinda. Kebetulan salah seorang teman saya di fakultas sealmamater dengan Prita Dinda ini, dan menurut penuturan teman itu, Prita Dinda ini lulusan Multimedia juga di SMK (sekarang prodi Desain Grafis) dan pernah menjuarai Lomba Kompetensi Siswa bidang animasi di tingkat nasional. Sebelumnya, saya juga pernah liat porto online Prita Dinda, dan ya ampun, wow banget.

Sketsa Prita Dinda di stan Inkking

Sebelumnya saya ke sini pengen dateng ke seminar tentang animasi 3D-nya, tapi ternyata baru dimulai sore, dan tampaknya akan selesai menjelang malam. Rumah saya agak jauh dari kampus dan selain itu harus persiapkan perjalanan ke luar kota esoknya. Yah, meski nggak dapet seminar, setidaknya saya dapat beberapa teman baru, dan makin banyak ilmu dan motivasi buat terus ngedesain. Trus jadi desainer grafis beneran deh. Aamiin. Ya Tuhan, terima kasih banyak, akhir pekan ini menyenangkan banget.

Iklan

3 thoughts on “Max Media: Pameran dan Eksplorasi Mahasiswa Polimedia

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s