Dari Saya · Resensi · Tulisan

Memrise: Portal Ngapalin yang Efektif Banget!

Memrise, situs pembelajaran yang menyenangkan dan efektif buat belajar materi-materi hapalan. Metodenya bagus, Memrise ngasih materi dulu untuk kita hapalkan–kadang ada jembatan keledainya; mems–lalu soal-soal untuk dijawab. Soal-soal ini bisa bentuk pilihan ganda, acak kata, isian, tebak gambar. Sebelumnya, maaf atas screenshot yang resolusinya kecil :(.

7Ini ngebantu banyak buat persiapan SBMPTN saya, efektif buat ngapalin sejarah sama geografi.

Saya nggak sengaja nemu Memrise saat iseng nyari kelas online gratis. Dibanding Coursera dan Alison, saya lebih suka Memrise. Lebih efektif, seru, dan lengkap. Selain versi web, Memrise juga ada versi Androidnya (dan iOS juga). Catatan: Memrise versi Android cuma bisa download course (kelas) kategori bahasa, nggak bisa kategori lain-lain seperti sejarah, geografi, matematika, dan lain-lain.

Ini macem-macem kelas yang ada di Memrise (beberapa ada yang berbahasa Indonesia):

5

28Setelah ngambil beberapa kelas, di beranda akun akan terlihat daftar kelas dan progres masing-masingnya.

Tiap kelas dibagi menjadi beberapa level tergantung si penyusun materi kelas itu. Tiap memulai level baru (disebut plant), lalu diberikan materi, setelah itu diuji dengan soal. Tampilan web dan aplikasinya interaktif dan rapi, jadi nggak ngebosenin sama sekali buat belajar (sekali lagi, terutama buat pelajaran yang perlu hapalan kuat). Apalagi beberapa pengguna Memrise bikin jembatan keledai (atau bahasa kerennya ‘mnemonik’) yang makin mepermudah buat menghapal. Kalo ada level yang udah selesai, maka ada tombol mengulang level kembali (disebut watering).

Tiap melakukan plant dan watering, Memrise memberi kita poin sesuai dengan jumlah jawaban benar. Ini juga efektif untuk mendorong para pengguna meningkatkan poinnya. Poin Memrise dibagi menjadi 19 lapis, detail masing-masing lapisan ada di halaman Memrise Wikia ini. Catatan: lapisan tertinggi, Overlord, untuk poin lebih dari 100 juta, belum pernah diraih pengguna manapun saat ini.

6Apalagi ada leaderboard, daftar peringkat para following dan follower kita.

4  Daaan saya rekomen banget Memrise buat yang mau belajar bahasa asing (bahkan dari nol), beberapa kelas bahasa ada yang dilengkapi dengan audio, jadi selain kita tau ejaan dan arti kata asing, kita juga tau gimana cara mengucapkannya.

Kalo tertarik bikin akun di Memrise dan belajar menghapal, klik Memrise!

 

Iklan

One thought on “Memrise: Portal Ngapalin yang Efektif Banget!

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s