Dari Saya · Harian · Tulisan

Zenius: Bimbel Asik, Interaktif, dan Gratis

Bersyukur banget nemuin web ini. Semoga para penggagasnya selalu diberkahi, ini ngebantu banget dalam saya belajar.

Zenius, bimbel digital interaktif, yang nggak sengaja saya temuin saat lagi menjelajah google, nyari soal latihan SBMPTN, dan dapet link ini. Pustaka soalnya lengkap banget. Mulai dari soal UN–dari SD, SMP, SMA, SMK–soal latihan buat UA– ada tiap jenjang sekolahnya–soal latihan masuk PTN–mulai dari SBMPTN, TPA, ujian mandiri, dan segala macem lainnya. Lengkap banget. Berikut secuplik dari pustaka soal di Zenius:

Ini baru kategori loh Kak, di dalem tiap link kategori ini masih ada puluhan latihan soal bentuk pdf siap download.

Banyak banget, disusun dengan rapi, dan didownload dengan gratis. Gak cuma itu, pembahasan-pembahasannya juga mereka upload dalam bentuk video dengan bahasa yang komunikatif, nggak menggurui, bikin ngerti. Beberapa contohnya bisa lihat di link ini: https://www.zeniusmultimedia.com/demo.php

Meski begitu banyak fitur berbobot yang bisa diakses gratis, Zenius punya konten-konten yang hanya bisa dinikmati sama anggota berbayar (premium member). Konten-konten ini bisa diakses dengan beli voucher yang aktif dalam beberapa hari yang ditentukan, yang harganya kira-kira sama kayak iuran bimbel umum sebulan. Lumayan banget, bisa bimbel tanpa nadah, nabung dari duit jajan aja. Di toko Zeniusnya sendiri; Zenius Multimedia Learning, dijual berbagai macam paket latihan soal dan pembahasannya dalam bentuk CD. Kalo gak salah CDnya bisa diinstall beberapa kali, jadi belinya bisa patungan B) meski harganya juga gak mahal-mahal banget,, tapi lumayan, hemaat hehe.

Oh ya, Zenius juga sering menulis artikel-artikel tentang cara belajar, tips ujian, dan semacamnya. Kita juga bisa konsultasi langsung sama pembina-pembina di Zenius, baik itu via twitter, maupun lewat email atau kontak pribadi para pembina itu sendiri.

Saya udah tahun terakhir di sekolah menengah dan belum pernah ikut bimbel *curcol*. Beberapa tahun lalu saya mikir, di tahun terakhir saya, sebelum tes perguruan, tinggi, saya mau ikut bimbel, tapi sekarang, wah nggak deh, makasih. Sekolah udah capek; saya terlalu banyak dijejalkan matematika dan ngibrit buat deadline desain dan animasi. Kalo saya bimbel lagi, saya nggak punya waktu buat hobi-hobi kecil yang menghibur saya: nulis, ngeblog, jahit, dan lainnya.

Lagipula, saya pikir-pikir, bimbel itu cenderung boros. Boros uang, tenaga, dan waktu. Apa sih yang akan saya kerjakan kalo saya masuk bimbel? Latihan soal dan trik cepatnya? Ratusan artikel di internet–terutama di web Zenius–udah menyediakannya, saya tinggal download gratis, cetak, lalu bisa mengerjakannya kapanpun dan dimanapun yang saya suka; pagi di sekolah, malam di kamar, di angkutan umum.

Bagaimana kalau ada soal yang tidak saya mengerti? Kalo saya nggak punya guru bimbel, ke siapa saya harus nanya? Googling! Kalau hasil googling nggak memuaskan, saya bakal nanya di Yahoo Answer. Beberapa PR saya kerjakan dengan bantuan kakak-kakak yang menjawab pertanyaan saya di Yahoo Answer–semoga mereka diberkahi. Gratis dan fleksibel. Selain itu, ada Zenius juga kan. Saya belum pernah nanya ke admin Zenius sebelumnya, tapi saya pernah baca artikel dimana ada regular member (bukan premium) yang nanya sesuatu ke adminnya, dan pertanyaan itu dibalas. Jadi di Zenius ini kelihatannya nggak ada diskriminasi antara akun gratis dan bayar.

Jempol buat Zenius, bimbel keren yang bikin belajar jauuuh lebih efektif; gak cape dan boros dalam banyak aspek. Inovasi bagus banget, bisa-bisa gua jatuh cinta ama matematika dah belajar di sini.

Semoga bermanfaat buat temen-temen!

Iklan

4 thoughts on “Zenius: Bimbel Asik, Interaktif, dan Gratis

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s