Dari Saya · Karya Grafis · Visual

Tugas Desain Majalah Tahun Lalu

Mengenang masa lalu yang indah, saat tugas-tugas belum seberat sekarang. Ngobrak-ngabrik folder, nyari tugas tahun lalu dan iseng upload di sini. Ini tugas bikin majalah di Adobe InDesign dengan deadline yang tadinya 10 hari tapi molor jadi tiga minggu lebih gara-gara kami diliburkan saat ujicoba UN kelas 12.

Tugasnya begini:

Bikin majalah musik 12 lembar, nama majalahnya Star Magazine. Sasaran pelanggan adalah ABG-ABG macem saya dan temen-temen. Isi halaman seperti ini: cover, daftar isi dan redaksi, profil tokoh, grafik musik, album baru, tren musik mancanegara 4 halaman, liputan kegiatan, agenda kegiatan, dan sampul belakang yang menyertakan edisi yang akan datang. Desain logo dan tata letak tentu bikin sendiri. Baru kalo fotografi dan isi silakan ambil dari inet, edit sesuka hati.

Saya bukan orang yang ngerti musik. Saya jarang menikmati musik. Saya seneng dapet tugas majalah, tapi saya agak bingung gimana ngisi majalah ini. Kalo tugasnya majalah budaya atau majalah ekonomi mungkin saya semangatnya dua kali lipat, karena nyari artikelnya juga seru. Buat nyari ide inipun saya nanya ke ade saya, tokoh mana yang enak dijadiin topik (yang lagi naik daun dan gampang dicari infonya). Akhirnya masuklah saran, saya gunakan penyanyi Amerika ini.

Tapi apapun itu, tugas produktif saya selalu menyenangkan, meskipun saya juga sering nyumpahin karena menghabiskan jam-jam yang seharusnya dipake buat main dan tidur. Aku selalu cinta jurusanku♥.

Dibuat Februari 2012, dengan waktu kurang-lebih 1 minggu. Kritik yaaa 😀

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

18 thoughts on “Tugas Desain Majalah Tahun Lalu

  1. Keren hasilnya. Sepertinya mbak Prita berbakat sekali.
    Sebelum bikin usaha sendiri, saran saya gali ilmunya di perusahaan2 media, pelajari manajemen sistemnya. Setelah nimba ilmu banyak di sana, silakan kembangkan bakat untuk menjadi bagian dari entrepreneur Indonesia.

    1. Aaamiin, makasih banyak Pak, komennya Pak Iwan selalu saya sukai. Sebenernya desain majalah temen-temen saya banyak yang lebih bagus dari ini. Terima kasih banyak sarannya Pak, semoga saya beneran bisa jadi wirausaha ^^

      1. Sipp.. jangan buru-buru wirausaha, kalo belum tahu ilmu pengelolaan manajemennya. Karena punya skill dalam desain (produksi) saja tidak cukup, seorang wirausahawan harus paham betul bidang lainnya spt finansial, marketing, dan sdm. Kerja 4-5 tahun di penerbitan media, saya rasa sudah cukup waktu untuk menimba ilmu.

        Ada MPer yang menggeluti dunia advertising dan media di Jakarta, namanya mas Luqman Hakim (id MP: luqmanhakim). Silakan berkontak dengannya. Portofolio-nya lumayan banyak.

      2. Waaah blognya Pak Luqman bagus, makasih banyak rekomendasinya Pak. Dapet inspirasi banyak blogwalk di situ. Iya sih, harus ngerasain jadi karyawan dulu biar belajar lebih mateng, kayak Bakrie yang selalu mempekerjakan pemuda keluarganya jadi karyawan dulu sebelum jadi CEO.

      3. mbak Prita telat kenalnya kalo gitu, yg tersisa itu tinggal kurang dari 10%-nya aja, tulisan2 yg lebih bagus lagi sudah dihapus sebelum dibumihanguskan Multiply akhir Maret 2013 nanti.

        Just info, mas Luqman ini portofolionya juga banyak berupa poster-poster film nasional.

    1. Aamiin, terima kasih Kak Nella. Hasil tugas temen-temen saya banyak yang lebih keren lagi desainnya. Saya kena perbaikan 2 kali sebelum bisa dapet nilai di atas standar minimal

    1. Saya masih SMK Mbak, jurusan Multimedia. Masih kalah keren sama temen-temen sekelas saya. Kapan-kapan bakal saya tampilin karya mereka juga.

      Waah, Mbak Tin jurnalis atau wartawan nih?

    1. Cari aja downloadannya di internet, banyak kok, asal pinter pinter aja nyarinya. Filenya terlalu gede buat dikirim via email. Atau beli bajakan yang satu paket sama program adobe lainnya

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s