Dari Saya · Resensi · Tulisan

Enakan Mozilla Firefox daripada Google Chrome

Banyak orang yang menggunakan Chrome buat internetan karena alasan ini: lebih cepet. Emang bener, Chrome lebih cepet memuat halaman daripada browser lain, termasuk Firefox. Tapi selama ini, saya lebih nyaman pake Firefox dibanding browser manapun, termasuk Chrome yang memuat halaman lebih cepet itu.

firefox chrome

Kelebihan Firefox dibanding Chrome di mata saya adalah aplikasi tambahan yang mungkin lebih familiar dengan istilah plugin. Kalo dibandingin dengan Chrome, plugin Firefox jauh lebih keren. Meskipun yah, seperti yang udah saya bilang, Firefox memuat halaman lebih lambar daripada Chrome. Aktivitas internetan saya emang nggak berorientasi sama kecepatan memuat, tapi saya lebih berorientasi sama plugin-plugin pembantu ini dan inilah yang bikin saya nyaman sama Firefox. Belum saya temukan browser lain yang lebih nyaman daripada Firefox bagi saya. Selain Chrome, saya udah pernah coba Safari, Opera, IE, Maxthon, Flock, dan beberapa browser khusus anak, tapi saya pikir gak ada yang senyaman Firefox.

Plugin di Firefox lengkap banget, mencakup keperluan chat dan ngeblog, download dan upload, penampilan browser, dan lain-lain. Ini beberapa dari belasan plugin yang saya pake di Firefox.

Mendownload video berbagai format dari situs mana saja.

Nah, saya sering ngoleksi banyak video. Kebanyakan sih buat referensi tugas sekolah. Dan laptop gak selalu terhubung ke internet, jadi pas lagi nyambung saya download video-video untuk ditonton kapanpun saya sempet.

Dan dibawah ini nama plugin yang saya pake Download Helper. Dia bisa ngambil video dari berbagai situs dengan berbagai format. Selain DownloadHelper, banyak lagi plugin buat download video yang bisa dipake. Yang paling cocok sama kebutuhan saya ya yang ini. Ehehe gambarnya kegedean, ada foto Pak Menteri Pendidikan juga nyelip; itu video sosialisasi kurikulum 2013.

download video

Buka twitter dimana saja kapan saja sambil browsing.

Plugin ini bener-bener memudahkan saya buat mantau keadaan twitter. Namanya Echofon, dan ini efisien banget buat saya. Bisa liat trending topics, pantau list, cari twit, ngereply, ngeretweet dengan retweet versi asli dan retweet versi edit, bahkan upload gambar. Efisien banget, jadi saya masih bisa pantau dan ngetwit sambil ngeblog, browing, game online, dll.

echofon

Pengkodean halaman

Saya tertarik buat pelajarin tentang CSS dan HTML web, jadi saya pasang plugin buat ngidentifikasi isi CSS dan HTML di halaman web yang lagi saya buka. Plugin yang saya pasang namanya Firebug. Liat di toolbar kanan atas, nah kalau saya mau tau CSS dan HTML yang dipake oleh halaman web yang saya buka, saya tinggal klik toolbar itu. Kalo cuma mau liat HTML di satu objek (misalnya gambar atau efek tulisan) tinggal blok konten yang pengen kita tau kodenya, trus abis itu klik icon Firebug buat liat kode HTMLnya.

firebug

Variasi mesin pencari

Nah inilah juga kelebihan Firefox dibanding Chrome! Di Chrome cuma ada satu toolbar buat browsing, tapi di Firefox ada dua. Yang pertama yang bar-nya panjang–isinya URL halaman web–dan bar kedua ini tempat buat browsing. Di pustaka plugin Firefox, ada banyak mesin pencari yang tersedia buat ditambahin ke bar kedua. Saya nambahin mesin pencari Yahooo, Wikipedia, Youtube, dan beberapanya lagi. Ini berguna banget, efisien.

mesin pencari

Notifikasi WordPress

Sejak satu-dua bulan lalu, saya install plugin ini di Firefox saya. Buat update notif di WordPress tanpa harus buka situs WordPressnya. Tapi plugin ini terbatas, dia gak memungkinkan kita buat ngebales reply. Meski begitu, dia memungkinkan kita buat follow orang dan ngeshare halaman web yang lagi kita buka.

Wordpress plugin

Nah, itu baru beberapa dari keseluruhan plugin yang ada di Firefox saya. Saya juga install banyak tema dan hal-hal kecil yang ngebantu, kayak translator otomatis, upload gambar ke Weβ™₯it, dan lainnya. Apa install plugin sebanyak ini berat? Mmmm emang nggak seringan biasanya, tapi nggak terlalu berat juga. Firefox saya masih bekerja dengan cukup baik padahal saya punya dua puluhan plugin. Oh iya, Anda bisa liat pustaka pluginnya itu di sini:Β Β https://addons.mozilla.org/id/firefox/

Nah, bagaimana menurut Anda? Apa browser yang Anda pakai dan kenapa Anda merasa nyaman dengan itu?

18 thoughts on “Enakan Mozilla Firefox daripada Google Chrome

    1. Bedanya, di plugin gak bisa bales reply, cuma bisa approve. Saya pake plugin ini biar saya bisa update notif saat saya lagi browsing halaman lain yang bukan wordpress

    1. Oh begitu ya? Iya sih, baru nyadar selama ini kalo buka task manager, process-nya Firefox selalu lebih besar dari Chrome… terima kasih saran dan follownya πŸ™‚

  1. Saya suka bangte ngetwit, walau skrg agak berkurang, makanya saya lebih suka Chrome karena satu hal ini yaitu di chrome ada aplikasi tweetdeck. Tweetdeck for Chrome itu aplikasi untuk ngetwitt yg saya bilang sih terbaik. Memang tweetdeck ada aplikasinya untuk windows, tapi agak lemot. Klo tweetdeck for chrome, cepet banget.
    Kalo suka ngetwitt, coba deh install plug ini tweetdeck for chrome. Echofon for firefox mah jauh di belakang kemampuannya.
    Salam,

    1. Iya, saya juga pernah pake tweetdeck. Tweetdeck itu twitter client terbaik yang pernah saya coba. Tapi Echofon itu praktis banget. Berhubung di Firefox gak ada tweetdeck, jadi saya pake echofon aja πŸ˜€

  2. Aku juga cinta firefox. Entah kenapa akhir – akhir ini aku lebih senang browsing di Chrome. Mungkin platform Chrome yang bagus ada games dan banyak aplikasi. Jadi masing – masing punya kelebihan sih, tergantung kebutuhan.

    Tapi untuk di handphone aku memang ga bisa lepas dari firefox, meski jauh lebih berat dari browser lain termasuk Chrome. Sebenernya Chrome simple, sayangnya ga ada menu untuk exit. Jadi terpaksa harus di-kill

  3. tergantung wilayah,cuaca,kartu dan pket ,jga kecepatan mdem nya……
    tpi masing 2X prodak brosing da kelebihanya
    itulah persaingan dalam bisnis yng terbaik dan unggul dialah yng menang

  4. siapa bilang bro firefox lambat? coba update ke yang terbaru pasti ringan di ram hanya makan memory 200 K beda dengan chrome yang makan RAM hampir 1GB bahkan lebih. Firefox sekarang itu Stabil, Nyaman dan Kencang.

    Sumber: Pengalaman Pribadi ^_^

    1. Hmmm saya nggak pernah merhatiin penggunaan RAMnya. Tapi setujuuuu kalo Firefox itu ‘stabil, nyaman, kencang’ (y)(y)(y).

      Terima kasih udah mampir dan komen yaa ^^

Tanggapi dong:

