Jurnal Multiply · Salinan Multiply

Multiply Bener-Bener Kampung – Dari Jurnal Multiply

Blog Entri Multiply Bener-Bener Kampung! Jun 14, ’11 10:34 AM
untuk semuanya
Judulnya lebih ke pujian atau hinaan, ya?

Apa yang ada di kampung sehingga saya samakan dengan Multiply?

Kampung, adalah tempat dimana ada pasar, sekolah, masjid, pemukiman, dan banyak lagi. Berbeda dengan kota, kampung lebih diidentikan dengan kedamaian, kenyamanan, kesejukan, dan ketenangan. Penduduknya juga terkesan lebih ramah dari penduduk kota.

Dan begitulah akun-akun di Multiply Indonesia. Lebih ramah dari jejaring sosial lain yang pernah saya ikuti (seperti facebook, twitter, yahoo, tumblr, dll). Bukan, bukan hanya lebih ramah, tapi juga lebih santun dan terpercaya. Kami saling bertukar harian dan saling mengomentari, berdiskusi dan mengeluh, mencari tau dan memberi tau, dan ini tak hanya sekedar memperbanyak teman di facebook atau membanjiri timeline dengan tweet di twitter. Disini, si admin Multiply menulis kalau dalam Multiply, ditekankan jaringan yang bermakna, bukan jaringan yang luas. Saya lupa dimana biasanya ada tulisan itu, kalo nggak salah di invitation. Gak sempet nyari, apalagi nge capture. :p

Dan lebih dari itu, di Multiply saya mengenal banyak orang. Mulai dari guru, sahabat, warnetter, mahasiswa, pelajar, dan lainnya. Saya melihat dan membaca; saya belajar.

Dan Multiply adalah satu-satunya forum yang bikin saya betah. Saya masuk di beberapa jejaring sosial dan hanya sekuat ini saya bisa bertahan:

MySpace, Blogspot, WordPress: cuma sekali bikin, terus dilupakan. MySpace karena gak ada temennya, Blogspot karena terlalu ribet.
Friendster: nggak bertahan sampai setahun. Dibuat pertengahan 2008, dan ditinggalkan awal 2009.
Facebook: kenaikan. Cuma bertahan sampai satu tahun. Saya buat ketika kenaikan kelas VIII–pertengahan 2009, dan saya tutup karena migrasi ke twitter pada pertengahan 2010.
Twitter: Sebelum menutup facebook, saya udah punya akun disini; saya buat beberapa hari setelah MP saya mateng. Usianya emang gak beda jauh sama MP saya, cuma saya sempat nggak aktif selama setengah tahun.
dan… Multiply: hingga saya menulis postingan ini, usia MP saya kurang-lebih dua setengah tahun. Dan belum sekalipun nggak aktif sampai berbulan-bulan. Karena apa? Awalnya karena saya mau belajar blogging, dan Multiply jauh lebih mudah daripada Blogspot.

Ada banyak dan akan lebih banyak lagi alasan saya untuk bertahan blogging disini (mengabaikan kepopuleran tumblr dan xanga), dan terutama karena jaringannya. Saya malas membuka–terlebih mengurus–akun blogging selain ini, karena ada satu yang saya dapatkan di Multiply yang saya ragu bisa saya dapatkan di tempat lain: jaringannya. Jaringan yang update, ramah, beragam, dan akrab membuat saya ragu akan menemukan jaringan yang sebagus ini di tempat lain di dunia maya selain Multiply.

Jadi, inilah Multiply bagi saya: sebuah jaringan yang mengajari saya banyak hal–terutama tentang keberagaman dan detail kehidupan–dan ditengah ramainya pengguna facebook yang memperbanyak kuantitas teman dan twitter yang memperbanyak kuantitas tweet, Multiply Indonesia malah membuat saya meningkatkan kualitas hubungan antar kontak dan kualitas postingan seseorang.

dan, terimakasih Multiply Indonesia, sumber referensi internet terbesar sayaΒ 
Pertengahan Rajab 1432

fadshaka
fadshaka menulis on Jun 18, ’11
Setuju banget Mbak. We make a meaning connection with Multiply. πŸ™‚

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
fadshaka} berkata

Setuju banget Mbak. We make a meaning connection with Multiply. πŸ™‚

Terutama Mbak Fadshaka yang udah nawarin teh anget :p

henidebudi
henidebudi menulis on Jun 18, ’11
Hehehehe senang mengenalmu nak… Dikampung kita πŸ™‚

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
henidebudi} berkata

Hehehehe senang mengenalmu nak… Dikampung kita πŸ™‚

friewan
friewan menulis on Jun 18, ’11
Saya juga kurleb baru 2,5 tahun di MP. Sebaya dong πŸ™‚

”On Multiply the goal is not to build the
biggest network but to have a meaningful
network that reflects your real
relationships and ensures that you receive
messages from people you know”

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
friewan} berkata

Saya juga kurleb baru 2,5 tahun di MP. Sebaya dong πŸ™‚

”On Multiply the goal is not to build the
biggest network but to have a meaningful
network that reflects your real
relationships and ensures that you receive
messages from people you know”

Cuma umur MPnya doang tapi~

rendachan
rendachan menulis on Jun 18, ’11
iya ya? Padahal multiply itu enak banget cuma belum terkenal! Yang terkenal sekarang kan, facebook, twitter, dll. Yg bisa dibilang, MEMBOSANKAN!!

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
rendachan} berkata

iya ya? Padahal multiply itu enak banget cuma belum terkenal! Yang terkenal sekarang kan, facebook, twitter, dll. Yg bisa dibilang, MEMBOSANKAN!!

Bener juga ya. Aku selama ini ‘bertahan’ di twitter cuma karena temen-temen sekolahku banyak disana–itu sarana komunikasiku satu-satunya–aku gak punya hape soalnya.

dindaomega
dindaomega menulis on Jun 18, ’11
Setuju, MP tuh dipakenya gampang. Aku dulu gk sampe setahun buat ngerti apa itu MP. β€œPenduduk”-nya juga ramah2.

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
dindaomega} berkata

Setuju, MP tuh dipakenya gampang. Aku dulu gk sampe setahun buat ngerti apa itu MP. β€œPenduduk”-nya juga ramah2.

Aku setuju..!

azkacokelat
azkacokelat menulis on Jun 18, ’11
betul! di multiply lebih nyaman. πŸ™‚

mahasiswidudul
mahasiswidudul menulis on Jun 18, ’11
missprita} berkata

Kampung, adalah tempat dimana ada pasar, sekolah, masjid, pemukiman, dan banyak lagi. Berbeda dengan kota, kampung lebih diidentikan dengan kedamaian, kenyamanan, kesejukan, dan ketenangan. Penduduknya juga terkesan lebih ramah dari penduduk kota.

setujuuuhh… multiply itu kampung yang paling enak kalo bertamu ke tetangga sebelah.. pasti disambut ramah.. hehehe πŸ˜€

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11

setujuuuhh… multiply itu kampung yang paling enak kalo bertamu ke tetangga sebelah.. pasti disambut ramah.. hehehe πŸ˜€

Terutama Kak Ninaa~

kakcipa31
kakcipa31 menulis on Jun 18, ’11
dari judulnya sih mengejek..tapi ternyata… πŸ™‚
kalo menurut aku blogger juga seru kok..wah,link sahabatnya aku ya πŸ˜€
tapi kita juga jangan seharian ngeMP..ok?
oh ya, mp kamu lama deh..kalo mp aku ini dari oktober 2009!

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11
kakcipa31} berkata

dari judulnya sih mengejek..tapi ternyata… πŸ™‚
kalo menurut aku blogger juga seru kok..wah,link sahabatnya aku ya πŸ˜€
tapi kita juga jangan seharian ngeMP..ok?
oh ya, mp kamu lama deh..kalo mp aku ini dari oktober 2009!

Hehe tau aja aku seharian ngeMP… Makasih nasehatnya Syifa πŸ™‚ Aku mungkin lebih lama, tapi masih pinteran kamu ngeMPnya. Kamu udah bikin banyak tema lucu soalnya πŸ™‚

kakcipa31
kakcipa31 menulis on Jun 19, ’11
missprita} berkata

Hehe tau aja aku seharian ngeMP… Makasih nasehatnya Syifa πŸ™‚ Aku mungkin lebih lama, tapi masih pinteran kamu ngeMPnya. Kamu udah bikin banyak tema lucu soalnya πŸ™‚

Aku juga, tapi dibatasin waktunya πŸ™‚ Sama-sama Prita! Makasih..tapi untuk nulis, pinteran kamu pastinya πŸ˜€

missprita
missprita menulis on Jun 19, ’11
kakcipa31} berkata

Aku juga, tapi dibatasin waktunya πŸ™‚ Sama-sama Prita! Makasih..tapi untuk nulis, pinteran kamu pastinya πŸ˜€

Hehe makasih :*

immafuckingprincess
immafuckingprincess menulis on Jun 18, ’11
blogger g terlalu terlupakan/ribet sih .. hehe, tp emg enakan ngutak ngatik css mp dr pd html blogger …

missprita
missprita menulis on Jun 18, ’11

blogger g terlalu terlupakan/ribet sih .. hehe, tp emg enakan ngutak ngatik css mp dr pd html blogger …

Iya, aku nggak ngerti banyak di Blogger. MP lebih sederhana

huflepuff
huflepuff menulis on Jun 19, ’11
,benar.. Kalo lagi suntuk dengan fb, saya langsung buka MP.
Fb buat komunikasi dengan teman2 kampus, n di MP saya menemukan dunia yang ‘lain’ πŸ˜€

missprita
missprita menulis on Jun 19, ’11
huflepuff} berkata

,benar.. Kalo lagi suntuk dengan fb, saya langsung buka MP.
Fb buat komunikasi dengan teman2 kampus, n di MP saya menemukan dunia yang ‘lain’ πŸ˜€

Jadi di MP gak ada yang dikenal di dunia nyata ya?

friewan
friewan menulis on Jun 19, ’11
missprita} berkata

mengabaikan kepopuleran tumblr

Saya pun udah coba yang ini, meskipun telah banyak digembar-gemborkan tapi tidak sebaik MP. Apa istimewanya ya?

missprita
missprita menulis on Jun 19, ’11
friewan} berkata

Saya pun udah coba yang ini, meskipun telah banyak digembar-gemborkan tapi tidak sebaik MP. Apa istimewanya ya?

Mungkin fitur reblog yang gampang, sama multiposting (ada link, chat, photo, quote, dll), dan desain tumblr lebih rapi.

joiyo
joiyo menulis on Jun 19, ’11
berat untuk meninggalkan MP, meskipun sudah jarang aktif heuheu.. :’)

missprita
missprita menulis on Jun 19, ’11
joiyo} berkata

berat untuk meninggalkan MP, meskipun sudah jarang aktif heuheu.. :’)

MP terlalu berkesan yaa http://www.cute-smiley.com

speedstars
speedstars menulis on Jun 19, ’11
yg sangat disayangkan, MPers yg dulu2 rajin aktif sekarang dh pada hiatus ^^’

missprita
missprita menulis on Jun 19, ’11
speedstars} berkata

yg sangat disayangkan, MPers yg dulu2 rajin aktif sekarang dh pada hiatus ^^’

Iya~
tapi banyak juga kok newbie yang terkesan bakal setia sama MP

maymaymayaang
maymaymayaang menulis on Jun 20, ’11
Betull banget kak.
Aku sekarang cuma aktif 5; Facebook, Twitter, Multiply, Tumblr, sama Blogspot. Facebook-Twitter buat komunikasi, multiply kalo mau buat themes/ngeshare sesuatu, tumblr buat nge reblog foto2 keren (itu aja tujuannya:p), dan blogspot cuma sekedar diari aja, itupun jarang.

Kalo MP enaknya dapet banyak info.. penataannya juga bagus dan bisa disesuaikan penataannya menurut selera.. juga MP lebih cepet buat dapetin temen” baru.

nitafebri
nitafebri menulis on Jun 21, ’11
waah main MP udah dua tahun ajah bisa utak atik bikin themes
keren euy..
saya masih standar klo utak atiknya.. πŸ˜€

missprita
missprita menulis on Jun 21, ’11
Belum bisa kok… yang udah bisa mah Syifa sama Athia

rendachan
rendachan menulis on Jun 21, ’11
kak prita: hei! Aku ketinggalan!

rendachan
rendachan menulis on Jun 21, ’11
kak prita: hei! Aku ketinggalan!

rendachan
rendachan menulis on Jun 21, ’11
kak prita: hei! Aku ketinggalan!

missprita
missprita menulis on Jun 21, ’11
Ketinggalan apaan?

shirarin
shirarin menulis on Jun 30, ’11
iya, betul setuju banget πŸ˜€

budiscyan
budiscyan menulis on Jul 8, ’11
missprita} berkata

Jaringan yang update, ramah, beragam, dan akrab membuat saya ragu akan menemukan jaringan yang sebagus ini di tempat lain di dunia maya selain Multiply.

πŸ™‚ post-nya rapi, menarik… semangat, keep blogging selalu ya.

faisafili22
faisafili22 menulis on Aug 22, ’11
πŸ˜‰

andhies3raxa
andhies3raxa menulis on Feb 12
Baru singgah lg ke desa multiply dan hanya mengamati. Tetapi tulisan ini jadi membuat saya penasaran lagi sama multiply πŸ™‚

namirasyifa
namirasyifa menulis on Apr 16
Salam kenal Prita
 

 

 

 

 

Dilihat 119 kali oleh 43 orang, terkini on Aug 16

Tanggapi dong:

