Jurnal Multiply · Salinan Multiply
Blog Entri Memilih untuk Pertama Kalinya Jul 4, ’11 4:05 PM
untuk semuanya

Pertama kalinya seumur hidup, aku memilih sesuatu yang kupikir hal besar. Sebelumnya, tentu saja, aku pernah memilih. Bahkan sering. Aku sering kebingungan di toko buku, mau pilih buku A atau buku B. Pada akhirnya, aku akan melihat harganya–menyesuaikan dengan uang sakuku. Aku juga sering kebingungan kalau Ibu membelikan tiga benda berbeda untuk aku dan kedua adikku. Kalau aku memenangkan hompimpa, itu berarti aku berhak memilih pertama–kebingungan antara benda A atau benda B.

Dan, empat bulan terakhir ini, aku benar-benar kebingungan. Tahun ini aku akan lulus SMP, dan harus melanjutkan sekolah.

Di sekitar rumahku, bertebaran SMA bagus, mulai dari standar internasional atau standar nasional. Tapi ada satu sekolah yang cukup dekat–sedikit lebih dekat daripada SMA-SMA lainnya–lumayan bagus dan membuatku tertarik. SMKN 48 Jakarta. SMK, yah. Dan menawarkan jurusan yang menarik: Multimedia dan Akuntansi.

Itu menarik, sungguh. Aku menyukai banyak bidang ilmu pengetahuan: MIPA, komputer, desain, taksonomi, dan banyak lagi. Kalau aku masuk SMK, aku sudah akan fokus pada salah satu bidang yang kusukai–tidak hanya mempelajari pelajaran-pelajaran umum seperti di SMA–dan bisa satu kelas dengan tigapuluhan anak lain yang punya minat sama, ah, itu terdengar menyenangkan. Dan aku juga bisa menghemat umur. Aku menyukai banyak bidang ilmu pengetahuan, dan aku tau aku tak bisa mempelajari semuanya, satu persatu dengan serius, kecuali aku punya usia hingga seribu tahun. Tapi rasanya itu nggak mungkin.

Karena itu, aku memilih ini: masuk SMK. Aku membayangkan tahun-tahun yang akan datang, dan ambisiku untuk mempelajari sebanyak mungkin bidang ilmu. Kalau aku masuk SMA, aku akan ditawarkan hanya dua bidang, dan keduanya sangat umum: IPA atau IPS. Kalau aku memilih IPA, aku bisa belajar banyak tentang fisika–yang aku sukai–tapi aku juga akan belajar biologi yang (bagiku) menjijikan. Dan kalau IPS, aku bisa belajar geografi–itu artinya keliling dunia–dan ekonomi, tapi aku juga akan bertemu sejarah ๏̯͡๏. Berbeda dengan SMK. SMK menawarkan puluhan (atau mungkin ratusan?) bidang keahlian untuk dipelajari secara fokus selama 3-4 tahun. Ada desain (jurusan tata busana atau arsitektur), komputer (jurusan multimedia, teknologi jaringan, perangkat lunak), manajemen bisnis (pemasaran atau akuntansi), dan banyak lagi.

Tapi, kalau aku memilih SMK, aku harus menerima konsekuensi ini: tidak bisa melanjutkan universitas di bidang MIPA. Dan kalaupun bisa, mereka akan semakin memandangku sebelah mata. Selain itu, bukan hanya mereka saja yang akan memandangku sebelah mata, tapi semua orang. SMK adalah sekolah kelas dua, yeah. Orang-orang yang masuk sana adalah orang yang berpikiran pendek (baca: tidak menginginkan universitas, cuma pengen cepet kerja) atau yang (maaf) nggak punya duit–atau gak mau mengeluarkan duit–untuk melanjutkan ke universitas. Dan banyak konsekuensi lain, kecil ataupun besar.

Aku bingung selama 4 bulan itu. Kadang aku merasa yakin memilih SMK, tapi kadang aku ragu…

Tapi pada akhirnya, aku memilih SMK. Menerima segala konsekuensinya.

Karena aku punya ambisi, yang lebih besar dari sekedar belajar.

pianochenk
pianochenk menulis on Jul 8, ’11
Waah,emang pilihan sulit. Salut ya prita..moga tercapai cita2nya,aamiin.

missprita
missprita menulis on Jul 8, ’11
Aamiin.. Makasih ya Kak 🙂

fadshaka
fadshaka menulis on Jul 9, ’11
Saya salut sekali sama semangatmu. 🙂
Pengin mengetikkan kata-kata dukungan yang panjang, tapi lagi pake hape…..jadi saya katakan

GOOD LUCK

aja gede-gede yah! 😀

missprita
missprita menulis on Jul 11, ’11
Aamiin… Makasih banyak Kak Fadshaka :*

kakcipa31
kakcipa31 menulis on Jul 9, ’11
Semoga berkah,ya,di SMK..:)

missprita
missprita menulis on Jul 11, ’11
kakcipa31} berkata

Semoga berkah,ya,di SMK..:)

Aamiin… Makasih Syifa :* Semoga kamu juga sukses di sekolahmu ya Syif 🙂

kakcipa31
kakcipa31 menulis on Jul 11, ’11
missprita} berkata

Aamiin… Makasih Syifa :* Semoga kamu juga sukses di sekolahmu ya Syif 🙂

Iyya..sama-sama 🙂 Makasih, ya, Prita! :DD
 

 

 

Dilihat 65 kali oleh 20 orang, terkini on Nov 9

Iklan

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s