Jurnal Multiply · Salinan Multiply

Mereka Akan Berubah – Dari Jurnal Multiply

Blog Entri Mereka Akan Berubah Jun 5, ’11 4:52 PM
untuk semuanya
Empat sahabatku di semester terakhir ini. Sebenarnya bukan mereka saja yang terbaik, tapi aku punya banyak lagi–Divika, Tika, PJW, Syifa, dan lainnya–tapi aku lagi pingin ceritakan empat yang terbaik di kelasku, IX.2 di SMPN 199 Jakarta.

Aku senang berada bersama-sama mereka sekarang. Tertawa, berdiskusi, mengobrol, dan curhat, tapi kupikir itu hanya sekarang, bukan untuk tahun atau bahkan semester depan. Karena mereka pasti akan berubah. Pasti, aku yakin. Dan itu bukan hal yang buruk.

Banyak orang yang mengeluhkan bagaimana sahabatnya telah berubah; “Ah, dia bukan lagi yang dulu”, “Dia sekarang udah beda”, “Sekarang dia berubah total”, dan semacamnya. Aku tak ingin mengeluh. Mereka akan berubah, aku yakin. Mungkin akan jadi lebih menyebalkan daripada sekarang. Atau mungkin malah lebih menyenangkan. Yang jelas, aku tak ingin mereka tetap sama. Sebab mereka bukanlah batu.

Tentu saja, mereka masih bertumbuh, kan, sama sepertiku. Kami masih (atau sudah?) belasan tahun dan akan bertemu banyak dan banyak orang dan pengalaman lagi esok, jadi mustahil kalau kami tidak berubah.

Kadang fakta itu terlalu menyakitkan. Sekarang rasanya mudah saja bilang kata-kata ‘bersahabat selamanya’. Kalau hanya sekedar bersahabat, mungkin bisa. Tapi kalau sedekat dan seakrab yang sekarang, aku ragu.

Itu fakta. Mereka akan berubah. Begitu pula aku. Kami nggak akan bisa terus bersama kayak sekarang; masing-masing kami punya visi hidup yang beda. Mereka akan ke SMA. Aku akan ke SMK. Kami akan bertemu teman-teman baru dan–aku berharap–kami tidak saling melupakan.

Mungkin dua atau tiga tahun lagi kami akan bertemu dan menyadari kalau kami udah nggak kayak dulu; dan udah nggak secocok yang dulu.

Tapi itu kan masih dua atau tiga tahun lagi. Mereka sahabatku dan akan tetap sahabatku meski mereka bakal berubah–akan aneh kalau aku tidak mau menerima perubahan mereka, sebab aku sendiri juga pasti berubah–tapi setidaknya hari ini kami masih bertemu, mengobrol dan tertawa seperti biasa.

Aku tak tau apa kami akan seakrab ini untuk dua-tiga tahun mendatang, tapi aku tau kalau masih ada hari lagi di Rajab ini untuk kami berkumpul bersama lagi.

kakcipa31
kakcipa31 menulis on Jun 7, ’11
Iya ya, kalo udah lama nggak ketemu/punya sobat baru pasti berubah.

immafuckingprincess
immafuckingprincess menulis on Jun 7, ’11
Iya, tmnku Sarach, dulu klo difoto aja malu2. Skrg pede bgt, narsis. Maenannya editan foto Avlav …
 

 

 

 

Dilihat 16 kali oleh 10 orang, terkini on Aug 22, ’11

Tanggapi dong:

