Jurnal Multiply · Salinan Multiply

Dan Aku Memilih SMK – Dari Jurnal Multiply

Blog Entri Dan aku memilih SMK May 14, ’11 11:41 AM
untuk semuanya
Mungkin udah sekitar dua atau tiga bulan aku merenungi kemana aku mau lanjutkan pendidikan formalku; SMA atau SMK? Dan yang lebih spesifik lagi, SMAN 71 atau SMKN 48?

“Lo SMK, Prit? Serius?”
“Iya. Gua males masuk SMA.”
“Kenapa?”
“Nggak seru.”

Nggak seru. Tentu aja. Di SMA, aku masih akan duduk, mendengarkan guru, menulis catatan dan menyilang jawaban. Ya ampun, udah hampir satu dekade aku belajar cuma mendengarkan, mencatat, dan menyilang jawaban. Di SMK, tentu sistemnya berbeda. Para murid akan keluar kelas, dan akan ada banyak praktek–menyenangkan.

“Lo SMK, Prit? Serius?”
“Iya. Gua males masuk SMA.”
“Lho, katanya lo mo kuliah di STAN?”
“Emang.”

Sekitar setahun terakhir ini, aku sudah mematok universitas tujuanku: STAN. Faktor biaya, hehe. Aku sudah mengecek dari jauh hari sebelum ambil keputusan, kalau STAN akan menerima murid lulusan SMK jurusan apapun. Untuk tahun ini, ya. Tapi kupikir berlaku juga untuk beberapa tahun kedepan. Beberapa tahun lalu, STAN memang hanya menerima lulusan SMK jurusa bisnis manajemen. Semoga jalanku dimudahkan nantinya. Amin (ˇʃƪˇ).

Dan, aku juga memilih SMK karena masalah waktu dan ketertarikan.

Aku seorang pelajar, dan ingin terus menjadi pelajar. Terlalu banyak disiplin ilmu yang menarik hatiku. Mulai dari perkomputeran, bisnis dan ekonomi, paleontologi, lingkungan, desain busana, arsitektur, animasi, taksonomi, arkeologi, filsafat, hingga eksakta. Terlalu banyak, aku nggak pernah bisa pilih dimana aku benar-benar tertarik.

Maka, kupilih SMK dulu. Multimedia, itulah jurusannya. Lepas dari sana, aku ingin lanjut ke STAN, biar hidup terjamin gitu (desas-desus: mahasiswa STAN calon orang kaya). Tentu aja nggak kuliah doang. Sambil kerja. Bukan untuk bayar kuliah–kuliah di STAN GRATIS–tapi untuk menabung. Lepas dari STAN, aku akan cari sekolah lain. ITB, mungkin. Atau IPB. Atau UNJ. Atau yang lainnya. Dan aku akan pakai tabunganku untuk mendaftar, dan aku akan pilih bidang yang kusuka. Mungkin agrikultural. Mungkin taksonomi. Mungkin filsafat. Mungkin desain. Asal jangan olahtubuh dan musik; dua bidang yang tidak aku minati.

Bagaimana kalau aku pilih SMA? Keuntungannya, adalah prestise, karena SMK adalah sekolah kelas dua, yang berpikir langsung bekerja tanpa lanjut belajar lagi. Selain itu, di SMA, kita akan mendalami pengetahuan umum, seperti IPA atau IPS, dan belum mengacu kepada jurusan yang kita minati.

Tapi, aku memilih SMK. Aku akan menabung untuk membeli buku-buku SMA terbitan pemerintah, atau mendownloadnya dengan gratis, untuk kupelajari di akhir minggu (dengan catatan, kalo aku nggak malas). Dan aku akan terus mencari informasi soal PTN favorit, dan kalau bisa, beasiswanya.

Aku pilih SMK. Semoga orangtuaku merestui–aku belum bilang keputusanku. Do’ain yaa..

friewan
friewan menulis on May 14, ’11
Hai Prita, saya kira kamu sudah kuliah ternyata baru lepas SMP ya?

Wah saya salut dengan visi kamu yang udah menjangkau ke bangku kuliah *dua jempol*

Alasan kamu logis, saya dulu juga masuk SMK karena bosan dengan gaya belajar teoritis. Di ruang kelas selalu mana betah.

Masuk STAN? Ya..kamu akan melalui tes yang berat. Jika lulus, kamu akan mendapatkan ikatan kerja dan sangat sulit untuk kuliah lepas seperti rencana kamu.

Saran saya, karena kamu masih bingung dengan ‘passion’ yang kamu miliki, maka lebih baik kenali dulu ‘passion’ tersebut sebelum memutuskan.

Saya doakan kamu bisa sukses ya. Sebagaimana juga ponakan saya yang akan lulus SMP di tahun ini.

Ciao!

missprita
missprita menulis on May 14, ’11
friewan} berkata

Hai Prita, saya kira kamu sudah kuliah ternyata baru lepas SMP ya?

Wah saya salut dengan visi kamu yang udah menjangkau ke bangku kuliah *dua jempol*

Alasan kamu logis, saya dulu juga masuk SMK karena bosan dengan gaya belajar teoritis. Di ruang kelas selalu mana betah.

Masuk STAN? Ya..kamu akan melalui tes yang berat. Jika lulus, kamu akan mendapatkan ikatan kerja dan sangat sulit untuk kuliah lepas seperti rencana kamu.

Saran saya, karena kamu masih bingung dengan ‘passion’ yang kamu miliki, maka lebih baik kenali dulu ‘passion’ tersebut sebelum memutuskan.

Saya doakan kamu bisa sukses ya. Sebagaimana juga ponakan saya yang akan lulus SMP di tahun ini.

Ciao!

Aamiin… Makasih banyak sarannya ya Kak, udah nyempetin ngomen panjang-panjang 🙂
*eh, panggil Kakak nggak papa kan?

edwea
edwea menulis on May 14, ’11
baarakallaahu fiyk ^^

missprita
missprita menulis on May 14, ’11
edwea} berkata

baarakallaahu fiyk ^^

Jazakillah ukh 🙂

friewan
friewan menulis on May 14, ’11
No-problem,

iwananashaya
iwananashaya menulis on May 14, ’11
BaarokaLLOHU fiyk …

Btw, baru lulus SMP? …
SUBHANALLOH … tulisan Dik Prita sudah keren … mantab!

missprita
missprita menulis on May 14, ’11

BaarokaLLOHU fiyk …

Btw, baru lulus SMP? …
SUBHANALLOH … tulisan Dik Prita sudah keren … mantab!

Hehe iya.. ah nggak ah, belum sekeren Kak Iwana ^^

kakcipa31
kakcipa31 menulis on May 14, ’11
Orangtuaku lulusan STAN…, dan mereka SMA. Aku juga mau SMA, soalnya mau membanggakan orangtuaku.

missprita
missprita menulis on May 14, ’11
kakcipa31} berkata

Orangtuaku lulusan STAN…, dan mereka SMA. Aku juga mau SMA, soalnya mau membanggakan orangtuaku.

Sukses ya Syif 🙂

kakcipa31
kakcipa31 menulis on May 15, ’11
missprita} berkata

Sukses ya Syif 🙂

Makasih ya..

kakcipa31
kakcipa31 menulis on May 14, ’11
Soal buku, aku mau liat ah, siap2.

latansaide
latansaide menulis on May 14, ’11
saya mendukung!

oh ya, pesan penting: berbahagialah di SMK-mu dan jangan pernah mengatakan menyesal

semoga Allah memberkatimu

kakcipa31
kakcipa31 menulis on May 14, ’11
latansaide} berkata

saya mendukung!

oh ya, pesan penting: berbahagialah di SMK-mu dan jangan pernah mengatakan menyesal

semoga Allah memberkatimu

Saya juga mendukung deh kalau itu yang terbaik.

missprita
missprita menulis on May 14, ’11
latansaide} berkata

saya mendukung!

oh ya, pesan penting: berbahagialah di SMK-mu dan jangan pernah mengatakan menyesal

semoga Allah memberkatimu

Aamiin. Makasih Kak Latansa 🙂 SNMPTN dimana Kak?

latansaide
latansaide menulis on May 15, ’11
missprita} berkata

Aamiin. Makasih Kak Latansa 🙂 SNMPTN dimana Kak?

Pend. Dokter UI

missprita
missprita menulis on May 15, ’11
latansaide} berkata

Pend. Dokter UI

Sukses ya Kak.. 🙂

latansaide
latansaide menulis on May 17, ’11
missprita} berkata

Sukses ya Kak.. 🙂

Terima kasih 🙂 Jazakillah

zanazaina
zanazaina menulis on May 14, ’11
semoga jalan kak prita dimudahkan, amin !
ortuku dulu juga stan 🙂

missprita
missprita menulis on May 14, ’11
zanazaina} berkata

semoga jalan kak prita dimudahkan, amin !
ortuku dulu juga stan 🙂

Aamiin. Makasih do’anya Zaina 🙂

zanazaina
zanazaina menulis on May 15, ’11
missprita} berkata

Aamiin. Makasih do’anya Zaina 🙂

sama-sama, kak !

faisafili22
faisafili22 menulis on May 15, ’11
wa… gak trasa kak Prita lulus SMP, rasanya baru sebentar ya.Aku salut bgt sama kak Prita. Berjuang ya kak! Aku do’akan semoga kak Prita bisa, terus sukses,pokknya all the best! Jangan lupa kak, selalu mengucap bamallah ketika akan memulai sesuatu, dan mengucap hamdallah jika bisa melakukannya… 😀

missprita
missprita menulis on May 15, ’11
faisafili22} berkata

wa… gak trasa kak Prita lulus SMP, rasanya baru sebentar ya.Aku salut bgt sama kak Prita. Berjuang ya kak! Aku do’akan semoga kak Prita bisa, terus sukses,pokknya all the best! Jangan lupa kak, selalu mengucap bamallah ketika akan memulai sesuatu, dan mengucap hamdallah jika bisa melakukannya… 😀

Aamiin.. Makasih banyak ya do’anya 🙂 moga kamu juga gitu, sukses terus

faisafili22
faisafili22 menulis on May 16, ’11
missprita} berkata

Aamiin.. Makasih banyak ya do’anya 🙂 moga kamu juga gitu, sukses terus

amin

vatih
vatih menulis on May 15, ’11
🙂

missprita
missprita menulis on May 17, ’11
vatih} berkata

🙂

?

shanayaa
shanayaa menulis on May 21, ’11
ortuku juga lulusan stan…
 

 

 

 

 

 

Dilihat 62 kali oleh 20 orang, terkini on Aug 6, ’11

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s