Jurnal Multiply · Salinan Multiply

Negri Seribu Pesona – Dari Jurnal Multiply

Blog Entri Negri seribu pesona Mar 16, ’10 10:32 AM
untuk semuanya
Aku adalah seorang petualang yang senang arungi laut. Puluhan kali aku terdampar di berbagai tempat asing, tapi untungnya, aku selalu selamat. Ingin kukisahkan satu pengalamanku yang amat indah, suatu pengalaman terdampar yang amat kuingat.

 

Saat itu, aku terdampar di sebuah daerah asing. Daerah ini sungguh menarik. Ada ribuan pulau disini, tersebar membentuk formasi indah di tengah birunya samudra. Laut di daerah ini sangat kaya, ribuan spesies makhluk laut tinggal dan membentuk sebuah rantai makanan panjang. Daratnya, subhanallah, tumbuh jutaan flora, dari bunga, buah, dan apotek hidup. Tanah di negri ini tak rata, disana gunung, dan ke sana lagi lembah, lebih ke sana rawa… Tak ada tanah yang kosong dan tak menarik disini.

 

Negri ini negri ajaib. Di suatu sudut di lautnya, hidup satu spesies ikan, yang pernah punah bertahun lalu, namun muncul lagi di tanah surga ini, entah bagaimana caranya. Dan di daratnya, sebongkah tanah bisa menjelma menjadi sumber kehidupan. Pertama kali aku berpapasan dengan penduduk aslinya, aku merasa tegang dan segera teringat pengalaman terdamparku di beberapa tempat asing. Para penduduk aslinya akan menawanmu dan menjadikan dirimu sebagai sesajen untuk Tuhan mereka. Tapi oh, salah, dugaanku salah besar. Para penduduk asli ini amat ramah. Diajaknya aku berkeliling, lihat keindahan apalagi yang akan membuatku berdecak kagum. Aku kelilingi daerah ini, dan sempat terbesit penyesalan dan rasa kecewa, mengingat suatu ramalan: BEBERAPA TAHUN LAGI, BUMI AKAN TENGGELAM KARENA GLOBAL WARMING. Alangkah sayangnya, tempat seindah ini bakalan terendam! Dalam hati, kuukir janjiku, akan meminimalisir pemanasan global.

Negri ini terbentang indah di tengah pusat bumi, membentang ribuan km dari timur hingga barat, dan ratusan km dari utara hingga selatan. Dengan ribuan suku yang memiliki kebudayaan masing-masing, tapi alangkah indahnya, mereka saling menghormati dan menyayangi, tetap bersatu apapun yang terjadi. Tahukah kamu, ada budaya orang yang memakan beling di satu daerah di negri ini. Dan ada juga berbagai tarian penyambut yang anggun dan menarik di berbagai macam daerah.

Pakaian mereka, lihatlah apa yang mereka kenakan! Dari daerah paling barat, para wanitanya menutup seluruh anggota tubuh mereka, kecuali wajah, tangan, dan kaki. Dan sedikit bergeser ke timur, mereka hanya memakai kain lengan panjang dan rok ketat semata kaki. Lebih ke barat tadi, tempat asal orang makan beling, pakaiannya sama, namun terkesan lebih ketat. Di pertengahan negri ini, para wanitanya hanya memakai kemben dan kain semata kaki. Dan di bagian paling timur, para penduduknya hanya memakai sehelai kain untuk menutupi kelaminnya!

 

Entah berapa banyak kekaguman yang bisa kutuliskan lagi. Terlalu banyak budaya dan keindahan yang mendorong kagumku di sini.

 

Tahukah kau nama tempat itu?

Tahukah kau?

 

Tempat itu bernama INDONESIA.

 

untuk sebuah negri dimana aku tumbuh dan besar,

untuk sebuah negri dimana aku berbakti padanya,

untuk sebuah negri yang paling kucinta

Rabiul Akhir 1431

Permata Prardian

 

dicaoke
dicaoke menulis on Mar 28, ’10
kata-katanya indah

joiyo
joiyo menulis on Mar 28, ’10
Keren. 🙂

missprita
missprita menulis on Mar 28, ’10
makasih 🙂

henidebudi
henidebudi menulis on Mar 28, ’10
Aq juga begitu menyukai tempat itu, thx prita

putrihanah
putrihanah menulis on Mar 30, ’10
Waw, puitis kak! Indah banget. Sekali-kali kakak kalo lagi nggak mood nulis cerita, tulis aja puisi kak. Pasti seru. Nanti kalau sudah jadi, bisa jadi kumpulan puisi kayak punya Ka Faiz…

missprita
missprita menulis on Mar 30, ’10
makasih… kayaknya untuk puisi, aku belum terlalu bisa 🙂 kalo cerita masih jagoan kamu, hehe 🙂

putrihanah
putrihanah menulis on Mar 30, ’10
Ah, kak Prita bisa aja. Bukuku baru satu kok, kak. Kita semua, kan, masih belajar!

latansaide
latansaide menulis on Apr 1, ’10
Permata Prardian itu siapa?

missprita
missprita menulis on Apr 2, ’10
latansaide} berkata

Permata Prardian itu siapa?

bukan siapa-siapa, cuma seseorang yang punya ribuan mimpi tapi gak punya satupun usaha untuk mewujudkannya karena dia terlalu payah

latansaide
latansaide menulis on Apr 10, ’10
missprita} berkata

bukan siapa-siapa, cuma seseorang yang punya ribuan mimpi tapi gak punya satupun usaha untuk mewujudkannya karena dia terlalu payah

adik/kakak kamu ya?

missprita
missprita menulis on Apr 12, ’10
latansaide} berkata

adik/kakak kamu ya?

bukan. bukan siapa-siapa, kok.

latansaide
latansaide menulis on May 16, ’10
missprita} berkata

bukan. bukan siapa-siapa, kok.

jangan-jangan itu nama kamu
Komentar telah dihapus atas permintaan penulis.

sahabatpena
sahabatpena menulis on Sep 13, ’10
mari kita bangun semampu kita

missprita
missprita menulis on Sep 13, ’10
sahabatpena} berkata

mari kita bangun semampu kita

pasti.
membangun negri penuh pesona ini bukanlah kemauan, tapi sebuah kewajiban

kurohime
kurohime menulis on Sep 27, ’10
kata2 cinta yg menyentuh dari seorang putra ibu pertiwi…

bolehkah aku numpang ngiklan, dikit… ^^;
http://kurohime.multiply.com/reviews/item/16
http://kurohime.multiply.com/reviews/item/13

cukup nyambung kan…? meski tdk scr eksplisit menyebutkan ‘Indonesia’, karena tema alamnya emang lebih umum… silakan dibaca bila berkenan… ^^

aqse
aqse menulis on May 2, ’11
missprita} berkata

Ini link nya?

iyahh.. gtapi harus di edit dulu kayaknye 😦

missprita
missprita menulis on May 2, ’11
aqse} berkata

iyahh.. gtapi harus di edit dulu kayaknye 😦

Kayak gini bukan? dengan link ke MP
 

 

 

Dilihat 49 kali oleh 24 orang, terkini on Aug 18, ’11

Iklan

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s