Jurnal Multiply · Salinan Multiply

Jengukan ke Sekolah… – Dari Jurnal Multiply

 

Blog Entri Jengukan ke sekolah kehidupan Apr 27, ’09 9:18 AM
untuk semuanya
Siang itu, Kamis, 23 April 2009, 09.30. Hari itu pulang cepat, karena kelas 9 persiapan ujian. Selagi ada waktu, aku menjenguk setitik kecil bagian dari hidupku yang sangat berarti, SDN Pondok Kopi 02 pagi.

Mungkin bagi orang-orang 02 cuma tempat untuk sekedar menuntut ilmu, tak lebih. Tapi bagiku, 02 adalah segalanya. Tempat aku belajar, tak hanya belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dll. Tapi 02 tempat aku belajar kehidupan. Disana aku belajar tentang persahabatan, permusuhan, perkelahian, permainan, berbagi, dan segalanya. Dan yang paling melekat sekarang, aku mengerti tentang mozaik-mozaik kehidupan berbagai macam orang. Karena 02 adalah sekolah negri gratis, maka aku menemukan banyak macam orang disana; orang kaya, orang biasa, orang baik, orang licik, dan lainnya. Sekarang aku jadi lebih tau bagaimana cara mengenali orang, mana yang baik dan mana yang tidak.

Dan sekarang, aku berada di 02. Ketika memasuki gerbang, aku menghirup dalam-dalam udara di 02, sebab tak hanya oksigen segar dari pohon sekitar yang terkandung di udara 02, tapi persahabatan.

Aku, bersama Divika dan Lia (dua alumni 02 yang seangkatan denganku), melangkah melewati gerbang tempat sejuta kenangan. Ah, 02 makin hijau sejak ada green school. Semakin segar udara.

Banyak perubahan sejak aku meninggalkan 02 hingga sekarang. Mulai dari ring basket, letak kantin yang dipindah, pohon di belakang sekolah, dan pastinya, ada guru baru. Dua guru, satu guru musik dan satu lagi guru 5B. Ah, lama aku tak mengunjunginya.

Aku teringat 199, SMP ku. Bangunannya yang bertingkat, besar, mewah, berfasilitas, yang sangat kontras dengan 02. Kecil, sederhana, fasilitas yang tak memadai… Tapi lihat!! 02 bukan sekedar sekolah biasa, ia sekolah kehidupan. 199 mungkin sudah berstandar internasional, tapi… 199 tak mengajarkan apapun selain materi pelajaran. Paling hanya sedikit materi tentang kehidupan yang kupelajari di PKN dan IPS. Di 02, aku belajar otodidak tentang kehidupan, bukan diajarkan.

Ah… Aku mendesah panjang. Sampai sekarang, aku belum bisa membanggakan 199.

Dilihat 3 kali oleh 2 orang, terkini on Aug 6, ’11

Tanggapi dong:

