Resensi Multiply · Salinan Multiply

Resensi/Tinjauan dari Multiply Missprita

TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan Megamind Aug 27, ’12 4:46 PM
untuk semuanya
Kategori: Film
Jenis Anak-anak & Keluarga
Sarat makna dan humor tentang kehidupan dan kemasyarakatan sosial. Dreamworks mengemas tema agak berat kayak gini dengan sangat manis dan menyenangkan, jadi film animasi yang cocok buat semua umur.

Nggak cuma tentang kehidupan dan kemasyarakatan sosial, film ini juga punya makna dalem soal persahabatan, tujuan hidup, perubahan, gengsi, sudut pandang, kompetisi dan persaingan, pola pikir, dan harga diri.

Satu keunikan yang paling menonjol dari film ini: tokoh utamanya adalah antagonis. Di banyak film, tokoh utama adalah protagonis. Tapi di Megamind, tokoh utamanya adalah antagonis. Antagonis, tapi mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Saya lagi mikir, secerdas apa si pemilik ide ini, bisa memunculkan karakter antagonis yang mengajarkan banyak kebaikan ya.

Kalimat narator (sebagai tokoh Megamind) tentang tujuan hidup:

Awal Megamind didaftarkan ke sekolah:
I was given an opportunity to better myself through learning. At a strange place called shh-ool.

Kesenduan anak yang terkucilkan:
Some day’s it felt like it was just me and Minion, against the world. No matter how hard I tried. I was always the odd man out. The last one picked. The screw-up, the black sheep. The bad boy.

Lalu dia merenungkan tujuan hidupnya:
Was this my destiny?
Wait! Maybe it was. Being bad is the one thing I’m good at.

Di sini, musuh Megamind bernama Metro Man. Metro Man adalah tokoh protagonis, pahlawan super saingan seimbang Megamind, tapi bertolak belakang. Metro Man dipuja dan dicintai warga kota, sementara Megamind dihina dan dikucilkan. Bagaimana bisa seorang pahlawan super (meskipun dia jahat) bisa dikucilkan? Itulah uniknya film ini. Dengan plot dan karakter yang unik, warga kota yang nilainya ‘cuma’ manusia masih menang sama seorang Megamind yang nilainya ‘pahlawan super’.

Mereka juga mengajarkan kalau kita mustahil hidup tanpa teman. Kalo kata Aristoteles (eh, bener dia yang ngomong kan?), manusia tuh makhluk zoon politicon, gak bisa hidup tanpa yang lainnya. Termasuk Megamind. Separah apapun dia dikucilkan, dia tetep punya sahabat sedari bayinya: Minion. Minion adalah ikan, hidup di bola berisi air, jadi asisten setia sekaligus sohib yang kocak. Saya suka tokoh Minion, dia cerdas, kocak,

Megamind menurut Internet Movie Database.

Film ini wow banget buat saya. Saya suka banget film ini. Saya dapet dari download ilegal *nyengir* di thepiratebay.se, pake program peer to peer uTorrent.

TinjauanTinjauanTinjauan A Thousand Splendid Suns May 24, ’11 5:02 PM
untuk semuanya

Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Khaled Hosseini
Seperti Kite Runner, buku ini dikemas dengan rinci, sungguh-sungguh, indah, dan mencandu; harus baca sekali duduk. Menceritakan tentang kondisi pribadi dua orang perempuan Afghan; seorang anak haram dan seorang putri guru.

Hosseini benar-benar meneteskan tiap butir cintanya pada tanah airnya; Afghanistan, di tiap halaman. Seperti umumnya roman, Hosseini tidak menceritakan tentang harapan dan dunia khayal, tapi tentang kenyataan hidup. Kekurangan dari buku ini, akhirnya nggak terlalu menarik. Maryam, yang sedari kecil menderita, berakhir dalam keadaan yang menyedihkan. Sedangkan Laila, yang memiliki banyak kesalahan, diceritakan bisa melanjutkan hidup dengan normal.

Di buku ini, aku benar-benar sulit meraba kearah mana Hosseini berpihak. Tokoh siapa yang ia jadikan baik dan pemenang, dan yang mana yang ia jadikan yang jahat dan kalah. Tidak seperti kisah lama, si Putri Salju yang baik hati dan senang membantu akan menikah dengan pangeran dan si penyihir yang sirik dan licik akan mati, tidak. Hosseini menulis dengan benar-benar rinci seperti kenyataan, dimana setiap orang punya sisi baik dan sisi jahat, yang keduanya terombang-ambing, yang dulunya baik bisa menjadi jahat, dan… benar-benar seperti kenyataan. Absurd, rumit, dan nyata ala kehidupan.

Seakan sempurna, tapi kekurangannya ada pada endingnya. Menurut saya pribadi, endingnya nggak seru 😦

Kata kunci: ,
TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan Orang Miskin DILARANG Sekolah Dec 22, ’09 9:21 AM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Wiwid Prasetyo
Menceritakan tentang ketidak-mampuan orang kurang mampu bersekolah. Betapa sekolah hanya bisa dicicip orang berduit. Tapi ketiga tokoh disini masih mencoba melawan nasib, mencoba untuk menimba ilmu. Demi agama. Demi negara. Demi masa depan.

Buku ini tidak hanya menceritakan alurnya, tapi setiap kalimatnya terdapat pesan yang kayak jempol (baca: singkat, padat, jelas. Identifikasi yang mirip jempol, kan?)

TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan City of Ember Oct 11, ’09 3:12 PM
untuk semuanya

Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Jeanne DuPrau
Bercerita tentang kota bawah tanah yang suram dan gelap, dimana tak ada cahaya kecuali dari lampu jalanan. Sebuah kota yang tua, jauh berada dibawah tanah.

Seorang gadis lincah bernama Lina, yang sangat yakin kalau Kota Ember bukanlah satu-satunya cahaya dalam kegelapan dunia; pasti ada dunia lain selain Ember. Bersama sahabatnya, Doon, mereka menjelajahi Jaringan Pipa dan menemukan sebuah jalan menuju dunia luar.

Seru banget !!

TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan The Never Land Jun 28, ’09 12:43 PM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Donna Nadira
Ceritanya seru, mengalir, bahasanya kocak dan mudah dimengerti. Penulisnya punya MP juga dgn ID writerwannabe. Seru, deh ceritanya! Sayang aku nggak sempet ceritain disini, lagi males posting.. hehehe.. maaf, ya, Donna.
TinjauanTinjauanTinjauan Loli the Little Fairy Jun 23, ’09 10:09 AM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Shafira Anindia Nur Fatimah, 10 thn
Ceritanya seru, mengalir, bagus… Nggak kayak cerita para penulis KKPK lainnya. Ini buku yang lumayan bagus, enak dibaca… KKPK yang bisa mengalahkan Loli the Little Fairy ini cuma Two of Me (Izzati), My Candy (Putri Salsa), buku-buku Faiz, Suara Hati Dewa (Dewa), dan Hari-Hari di Rainesthood (Izzati doang. Ini daftar isinya:
1. Loli si Peri Kecil
Tentang kado hilang untuk seorang sahabat, mengajarkan persahabatan.
2. The Story of Erkila
Erkila, seorang anak yang berbakat di bidang model, tapi tak memaksimalkan bakatnya. Hingga akhirnya sahabatnya merayunya agar mau ikut lomba fashion.
3. Misteri Suara dalam Gudang
Laras, seorang anak yang kedua orang tuanya sibuk bekerja, dan di malam ulang tahunnya ada suara aneh dalam gudang… Apakah itu hantu yang merayakan ulang tahunnya?
4. My Best Friend
Tentang seorang sahabat yang menyebalkan dan juga menyenangkan, namun tiba-tiba, beberapa hari ia tak masuk, dan kelaspun sepi karena tak ada dy. Apa yang terjadi? Kemanakah sang sahabat itu?
5. Lena yang Sangat… Sangat… Keren
Seorang anak yang sangat keren, ternyata ia memiliki rahasia besardibalik kekerenannya, rahasia yang–mungkin–jika diungkapkan, teman-temannya tak akan mau bermain lagi dengannya

Segitu aja, ya sinopsisnya… Mo tau lebih banyak? Beli dong!! Hehehe…

TinjauanTinjauanTinjauan Dibo the Gift Dragon Jun 21, ’09 5:48 PM
untuk semuanya

Kategori: Film
Jenis Pendidikan
Film ini diputar di Playhouse Disney (ups ketauan masih suka nonton playhouse, hohoho), lumayan sering; pagi, siang, sore (15.00), dan malam (20.00). Lucu deh.. animasinya bukan animasi kartun atawa boneka biasa, tapi animasinya ini berbentu jahitan! Aneh, ya? Nih, liat aja gambarnya, dah ku taro. Filmnya seru, lucu, beda dari film anak lainnya. Jadi, Dibo dan 4 kawannya; Elo, Cro, Annie, Bunny, itu bersahabat di Cozy Land. Seru deh… Mengajarkan setiap keinginan ada resikonya. Sesuatu yang sederhana emang selalu bermakna besar.

TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan Bunga-Bunga Kertas Jun 20, ’09 3:00 PM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Buku Anak-anak
Penulis: Fahri Asiza
Bercerita tentang Pipit, anak kelas 6 SD. Dia berhati bersih, tetapi ia kurang mampu. Seharian kerjanya menjual bunga-bunga kertas. Suatu kali, ibunya sakit. Pipit yatim pun makin semangat menjajakan dagangannya–bunga-bunga kertas buatannya. Tapi, semangat menjual Pipit yang berkobar itulah yang membuat Stella, seorang artis mau menginap dirumahnya dan bersahabat dengannya
TinjauanTinjauanTinjauan Majalah Annida, Inspirasi tak Bertepi May 24, ’09 9:47 AM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Redaksi Annida
Satu-satunya majalah literasi remaja di Indonesia. Terbit setiap bulannya. Annida juga punya MP, lho! Link kesini: majalahannida.multiply.com. Dan mulai Juni, Annida akan terbit dalam format online
TinjauanTinjauanTinjauanTinjauan Alien Sky May 20, ’09 12:24 PM
untuk semuanya
Kategori: Video Game
Jenis Pertarungan
Penyangga: Lainnya
Alien Sky produksi Game House. Seru banget! Tembak-tembakan, sih. Aku seneng game tembak-tembakan daripada yang bergenre puzzle. Seru!
TinjauanTinjauanTinjauanTinjauanTinjauan The Kite Runner May 16, ’09 11:34 AM
untuk semuanya
Kategori: Buku
Jenis Sastra & Fiksi
Penulis: Khaled Hoessini
Bercerita tentang secuil kehidupan di Afghanistan, negara yang mementingkan ‘tradisi’, bukan ‘aturan’. Di Afghan, ada sepasang saudara sesusuan, bernama Amir dan Hassan.

Amir adalah anak orang kaya, piatu, memiliki pelayan bernama Ali, Ali memiliki anak bernama Hassan–yang tadi. Mereka bersahabat hingga turnamen layang-layang musim dingin dimulai. Amir menjadi pemenangnya, dan Hassan mengejar layang-layang terakhir yang diputuskan Amir. Sebab layang-layang terakhir itulah kebanggaan Amir, layang-layang yang akan dipajang di ruang tamu, guna memperlihatkan kehebatannya memenagkan adu layang-layang (di Afghan memang adu layang-layang sesuatu yang dibanggakan).

Hassan pun mendapatkan layang-layang yang terakhir Amir putuskan. Namun, di jalan ia dihadang Assef, musuh Amir. Mereka menganiaya Hassan dan mengolok-ngolok statusnya yang hanya pelayan dari kaum Hazara (menurut Assef, kaum Hazara adalah kaum terkucil).

Sebenarnya Amir melihat penganiayaan itu, tapi ia tak kuasa membela sahabatnya, sahabat yang pernah membelanya saat ia terancam oleh Assef juga, sahabat yang sering bermain bersamanya, sahabat yang melayaninya, sahabat yang membuatkan sarapan pagi untuknya, tapi Amir malah berlari menjauh, seolah tak melihat penganiayaan Hassan. Dan malamnya, Hassan menyerahkan layang-layang tangkapannya dengan berjalan pincang. Amir pura-pura tak menyadari hal itu.

Amir pun tak bisa tidur, mengingat dosanya pada Hassan. Di kemudian hari, Amir mengusir Hassan dan Ali dengan menuduh mereka mencuri, karena Amir tak kuat menyimpan pengkhianatannya di depan Hassan, walau Hassan tau bahwa Amir melihatnya dianiaya.. Setelah itu mereka tak pernah bertemu lagi, hingga Hassan wafat.

Ceritanya menyedihkan. Amir yang sangat-sangat terlambat menebus dosanya, ketika ia sadar, Hassan telah meninggal.

Sedih. Seru.

Keren, deh!

Iklan

Tanggapi dong:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s